Empat Hormon Kebahagiaan untuk Kurangi Stres Saat Pandemi

Hanna Farah Vania
27 Juli 2021, 06:30
Empat Hormon Kebahagiaan untuk Kurangi Stres Saat Pandemi
ANTARA FOTO/Teguh Prihatna/Lmo/wsj.
Sejumlah pasien COVID-19 berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG) berolahraga di kawasan pusat karantina Asrama Haji Batam, Kepulauan Riau, Rabu (2/6/2021).

Berita lonjakan kasus Covid-19, sirine ambulans meraung-raung, hingga banyaknya kabar duka yang muncul silih berganti bagi sebagian orang dapat memicu stres. Hal tersebut bisa diminimalisasi dengan meningkatkan hormon ‘kebahagiaan.’ 

Hormon merupakan bahan kimia alami yang diproduksi oleh sejumlah kelenjar dalam tubuh. Fungsinya beragam, salah satunya adalah membantu menangkal stres. Cara kerjanya, hormon berjalan melalui aliran darah yang bertugas sebagai pemberi pesan ke anggota tubuh lainnya. 

Melansir dari Healthline, ada empat hormon yang memiliki fungsi penting untuk meregulasi suasana hati. 

1. Dopamin

Dopamin adalah hormon dan neurotransmitter yang menjadi bagian penting dalam sistem penghargaan di dalam otak. Tugasnya adalah meneruskan informasi antarsel saraf. Selain memunculkan rasa senang, hormon ini berfungsi untuk membantu manusia lebih fokus berpikir dan membuat rencana.

Hormon ini diproduksi ketika melakukan hal yang menyenangkan seperti bercengkrama dengan teman dan keluarga, makan makanan kesukaan, melakukan hobi, dan kegiatan yang menyegarkan pikiran lainnya. Aktivitas lain seperti olahraga, tidur cukup, meditasi, hingga berjemur dapat memicu pembentukan hormon dopamin.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...