Belanja Aman ke Supermarket Saat Pandemi

Terdapat empat cara aman belanja kebutuhan sehari-hari di tengah pandemi Covid-19.
Image title
14 September 2021, 19:20
Warga antre mendapatkan nomer antrean untuk belanja kebutuhan pokok di supermarket AEON Mal Serpong, Tangerang, Banten, Selasa (19/5/2020). Penerapan social distancing dilakukan pengelola mal untuk menghindari penyebaran dan penularan COVID-19.
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/hp.
Warga antre mendapatkan nomer antrean untuk belanja kebutuhan pokok di supermarket AEON Mal Serpong, Tangerang, Banten, Selasa (19/5/2020).

Berbelanja kebutuhan sehari-hari merupakan sebuah kebutuhan. Namun, di kala pandemi Covid-19, kegiatan mencari barang di supermarket, misalnya, tidak bisa seperti sediakala. Kita perlu menjalankan protokol kesehatan untuk meminimalisir penyebaran virus Corona. 

Oleh karena itu, ada baiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini ketika memutuskan untuk belanja langsung ke supermarket. Meskipun, berbagai supermarket sudah menerapkan upaya pencegahan dengan memantau suhu dan menyediakan sabun cuci tangan.

1. Siapkan daftar belanjaan dan alat protokol kesehatan

Menurut Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat, persiapkan daftar belanjaan sebelum berangkat. Persiapkan barang yang dibeli untuk satu hingga dua minggu ke depan. Selama berbelanja, masyarakat juga perlu menaati protokol kesehatan. 

Oleh karena itu, FDA menyarankan untuk menggunakan penutup wajah dan masker. Tak hanya itu, persiapkan hand sanitizer, tisu basah dan tisu kering juga tas belanja yang sudah disemprot disinfektan untuk dibawa.

2. Perhatikan penggunaan sarung tangan

Melansir dari The Conversation, Peneliti Virologi Makanan University of California, Amerika Serikat, Erin DiCaprio mengatakan bahwa penggunaan sarung tangan saat berbelanja tidak direkomendasikan. “Karena justru dapat membantu menyebarkan kuman dan virus,” ucapnya.

Jika akan menggunakan sarung tangan, lebih baik menggunakan sarung tangan sekali pakai dan langsung dibuang setelah berbelanja. Masyarakat juga perlu memperhatikan cara melepas sarung tangan yang tepat, yaitu tidak terkena kulit dan harus segera mencuci tangan setelah melepasnya.

3. Menjaga jarak selama berbelanja

Agar tetap aman berbelanja, Erin juga menyarankan untuk menjaga jarak hingga dua meter dengan orang lain. Hindari juga mengusap wajah dengan tangan. Selain itu, kelompok lanjut usia (lansia) lebih dari 65 tahun juga disarankan untuk berbelanja secara online karena lebih rentan akan paparan virus. 

4. Jangan menyemprot desinfektan pada barang belanjaan

Sesampainya di rumah, barang kebutuhan yang baru dibeli tidak perlu disemprot desinfektan. Erin mengatakan bahwa tindakan tersebut justru berbahaya karena bahaya makanan terkontaminasi oleh senyawa kimia dari disinfektan. 

“Sebaiknya mencuci produk di bawah air dingin yang mengalir, lalu mengeringkannya dengan handuk bersih,” kata Erin. 

Ketika selesai merapikan barang belanjaan, segera mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun untuk membunuh kuman. Untuk makanan beku seperti daging dan makanan laut, segera masukkan ke kulkas setelah dibersihkan maksimal dua jam setelah pembelian.  

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait