Mengelola Stres Saat Pandemi dengan Meditasi

Hanna Farah Vania
24 September 2021, 08:15
Mengelola Stres Saat Pandemi dengan Meditasi
ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/pras.
Warga melakukan gerakan yoga saat kampanye pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Denpasar nomor urut 1 I Gusti Ngurah Jaya Negara - Kadek Agus Arya Wibawa di Denpasar, Bali, Minggu (25/10/2020).

Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan telah menyebabkan stres dan kecemasan. Berdasarkan survei Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI), sebanyak 68 persen masyarakat mengaku merasakan cemas dan 67 persennya mengaku depresi.

Melansir Kompas.com, Ahli Manajemen Emosi dan Stres Golden Space Bagia A Saputra mengatakan, stres dapat berdampak pada hampir semua sistem biologis, tubuh, emosi, dan perilaku. Gangguan fisik seperti hipertensi, gangguan pencernaan, dan sariawan juga dapat mengindikasikan adanya stres.

"Stres juga mengakibatkan banyak penyakit, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, penyakit autoimun, hingga insomnia," katanya dalam sebuah diskusi daring beberapa waktu lalu.

Oleh karenanya, Bagia mengatakan, penting untuk mengelola emosi dengan baik dibandingkan dengan menahannya. Ia menyarankan untuk memulai meditasi dalam waktu singkat yakni sekitar 15 menit per hari. Fokus merupakan tantangan saat meditasi namun itu adalah hal wajar. Solusinya, terima saja gangguan tersebut saat bermeditasi.

"Amati apa yang mengganggu, akui pemikiran itu, cobalah 'berkomunikasi' dengan pikiran tersebut, dan keluarkan lewat napas,” ucapnya.

Berdasarkan informasi dari Departemen Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental Fakultas Psikologi Universitas Airlangga, terdapat lima langkah untuk melakukan meditasi. Dalam hal ini adalah meditasi dalam posisi duduk.

 

1. Duduk dalam posisi nyaman

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...