Enam Risiko Penularan Covid-19 pada Acara Besar

Arofatin Maulina Ulfa
6 Oktober 2021, 08:15
Enam Risiko Penularan Covid-19 pada Acara Besar
ANTARA FOTO/Biro Pers dan Media Setpres/Agus Suparto/Handout/wsj.
Layar monitor menampilkan tayangan Presiden Joko Widodo memberikan sambutan sekaligus membuka PON Papua di Stadion Lukas Enembe, Kompleks Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (2/10/2021). ANTARA FOTO/Biro Pers dan Media Setpres/Agus Suparto/Handout/wsj.

Tahun ini Indonesia menyelenggarakan dua perhelatan besar nasional. Di antaranya sepak bola Liga 1 dan 2 serta Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-20 di Papua. 

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyampaikan, penyelenggaraan kegiatan dan pertemuan besar harus mengikuti protokol kesehatan Covid-19. "Saat ini Indonesia terus berupaya mewadahi aktivitas masyarakat untuk tetap produktif namun aman Covid-19," ujar Wiku beberapa waktu lalu.

Penyelenggaraan kedua acara tersebut diklaim telah didiskusikan dengan berbagai pihak, baik pemerintah, para pakar, dan beragam asosiasi melalui penilaian risiko dan prasyarat pelaksanaan acara yang tepat.

Menurut Wiku, tidak menutup kemungkinan kegiatan besar selanjutnya diizinkan. Dengan catatan, kasus terkendali serta kesiapan dan komitmen penyelenggara untuk mengutamakan kesehatan dan keselamatan. “Hal yang perlu dicegah adalah interaksi antarmanusia dalam kegiatan yang akan memperbesar peluang penularan virus,” katanya. 

Menurut Satgas Covid-19, terdapat 6 faktor risiko penularan saat acara besar dilakukan. Pertama, penularan Covid-19 di daerah tempat acara berlangsung yang belum terkendali. 

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...