Tips Aman Bepergian dengan Transportasi Umum Saat Pandemi

Hanna Farah Vania
14 Oktober 2021, 13:00
Tips Aman Bepergian dengan Transportasi Umum Saat Pandemi
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Sejumlah calon penumpang Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter berdiri menunggu di peron Stasiun Manggarai, Jakarta, Senin (13/9/2021).

Pergerakan masyarakat mulai meningkat seiring dengan kasus Covid-19 yang mulai menurun. Meski demikian, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengingatkan, jangan terlena dengan kondisi saat ini. Disiplin protokol kesehatan tetap harus dijalankan.

“Euforia turunnya kasus Covid-19 tidak boleh menjadikan pemerintah dan masyarakat lengah. Protokol kesehatan justru harus lebih disiplin diterapkan mengingat kegiatan masyarakat sudah mulai berjalan normal,” ujar Wiku kepada media beberapa waktu lalu.

Salah satu aktivitas yang mesti diperhatikan ialah ketika bepergian dengan kendaraan umum. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat terdapat beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum bepergian. Pertama, adalah memastikan lokasi yang menjadi tujuan perjalanan bukanlah area yang berisiko tinggi.

Kedua, perhatikan protokol kesehatan yang diterapkan di area destinasi dan tempat tinggal. Ketiga, pastikan orang yang pergi bersama tidak termasuk ke dalam orang yang berisiko tinggi tertular Covid-19. Jika sudah yakin untuk bepergian, perhatikan beberapa hal penting lainnya.

Pakar Kesehatan Amerika Serikat Dokter Faheem Younus memberikan tips aman bepergian dengan bus dan kereta di masa pandemi melalui akun Twitter-nya @FaheemYounous. Menurutnya, terdapat lima langkah yang perlu diperhatikan saat menggunakan bus atau kereta commuter line (KRL) untuk terhindar dari paparan Covid-19.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...