Mewaspadai Gangguan Kesehatan dari Work From Home Saat Pandemi

Dini Hariyanti
23 Oktober 2021, 08:00
work from home
123rf.com

Sejak pandemi Covid-19 melanda berbagai negara di dunia, kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) menjadi pilihan banyak pihak termasuk di Indonesia. Bahkan, berdasarkan survei BBC, sebagian besar karyawan tidak ingin kembali bekerja di kantor secara penuh waktu meskipun kelak pandemi berlalu. 

Survei terhadap 1.684 orang tersebut mendapati sekitar 70 persen responden memperkirakan kebijakan work from office (WFO) secara penuh kemungkinan tak akan terjadi. Yang pasti, banyak responden lebih menyukai bekerja dari rumah secara seratus persen atau sebagian WFH-WFO. 

Terlepas dari pro dan kontra terhadap kebijakan WFH, perlu kita sadari bahwa bekerja dari rumah tetap memiliki kelebihan serta kekurangan. Salah satunya, Anda perlu mewaspadai gangguan kesehatan akibat menggunakan komputer atau gawai yang terlalu lama saat WFH, yaitu computer vision syndrome (CVS)

Sindrom penglihatan komputer adalah kondisi saat mata memerah, berair, gatal, dan kadang sampai sakit kepala. Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) menyebutkan, keadaan ini disebabkan karena terlalu lama bekerja dengan komputer. 

“Ini akibat bekerja terlalu lama dengan komputer, karena bekerja dengan komputer adalah bekerja dengan jarak yang sama dan terus-menerus, berjam-jam,” ujar Ketua Umum Perdami M. Sidik, dilansir laman resmi Kementerian Kesehatan, beberapa waktu lalu.

Lebih jauh, Sidik menjelaskan, pada dasarnya CVS adalah gejala kelelahan pada mata. Kondisi yang disebabkan karena mata melihat layar komputer dengan jarak tertentu secara terus menerus, selama berjam-jam saat WFH. 

Hal tersebut menyebabkan terjadi kekakuan pada otot mata, sehingga ketika melihat ke arah jauh maka objek menjadi tampak ganda atau buram. Meskipun efek ini hanya sesaat, tetapi bisa menjadi berbahaya jika terbiasa seperti ini. 

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...