Survei Kurious: Pertumbuhan Ekonomi Harus Jadi Perhatian Utama Capres

Anshar Dwi Wibowo
Oleh Anshar Dwi Wibowo - Tim Publikasi Katadata
21 Februari 2023, 12:59
Peluncuran Survei Cepat Kurious dan Microsite Katadata Pemilu 2024
Katadata

Pertumbuhan ekonomi menjadi isu yang mendapatkan perhatian paling besar dari masyarakat untuk bisa dibenahi oleh calon presiden dan calon wakil presiden pada pemilu 2024.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Kurious, 68,7 persen responden menempatkan pertumbuhan ekonomi menjadi isu paling atas yang harus dibenahi.

Deputy Head Kurious Mirza Akmarizal mengatakan, isu pertumbuhan ekonomi mengalahkan isu lainnya seperti pengangguran, inflasi, stabilitas harga BBM dan kesiapan industri digital.

“Isu yang paling besar mendapatkan perhatian dari masyarakat adalah pertumbuhan ekonomi dengan 68,7 persen responden menganggap isu inilah yang harus menjadi prioritas untuk dibenahi oleh capres-cawapres pada pemilu 2024,” kata Mirza dalam webinar Peluncuran Survei Cepat Kurious dan Microsite Katadata Pemilu 2024, Selasa (21/2). 

Ia menambahkan, isu berikutnya adalah pengangguran (54 persen), inflasi (29,8 persen), stabilitas harga BBM (25,5 persen) dan kesiapan industri digital (21,7 persen). 

Berdasarkan survei tersebut, 41,2 persen menilai Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi sosok yang paling mampu mengatasi masalah pertumbuhan ekonomi, disusul Anis Baswedan (24 persen), dan Prabowo Subianto (20 persen).

Mirza menambahkan, selain lima masalah di atas, masalah lain yang juga harus dibenahi oleh pemenang pemilu 2024 adalah kemiskinan (70,1 persen), lapangan pekerjaan (63,7 persen), dan pendidikan (52,9 persen).

Politik Uang

Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komarudin mengungkapkan, demokrasi di Indonesia sangat sulit untuk dilepaskan dari politik uang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...