Infrastruktur Telekomunikasi Mendorong Daya Saing Digital Daerah

Anshar Dwi Wibowo
Oleh Anshar Dwi Wibowo - Tim Publikasi Katadata
17 Mei 2023, 14:25
Proses pembangunan proyek palapa ring timur menggunakan helikopter
Palapa Timur Telematika
Proses pembangunan proyek palapa ring timur menggunakan helikopter

Pemerataan pembangunan infrastruktur telekomunikasi terus didorong di berbagai wilayah Indonesia. Termasuk di kawasan Indonesia timur agar masyarakat bisa mendapatkan akses internet untuk menunjang berbagai kegiatan, mulai dari pendidikan hingga perekonomian.

Sebelumnya pada 14 Oktober 2019, Presiden Joko Widodo meresmikan beroperasinya proyek Palapa Ring di Istana Negara. Palapa Ring merupakan proyek untuk menyatukan Indonesia lewat internet melalui pembangunan jaringan tulang punggung (backbone networks) serat optik sepanjang 12.128 kilometer. 

Merujuk Kementerian Komunikasi dan Informatika, Palapa Ring terbagi dalam tiga paket. Pertama, paket barat yang menghubungkan lima kabupaten/kota layanan dan tujuh kabupaten/kota interkoneksi di wilayah Riau, Kepulauan Riau, Jambi, dan Kalimantan Barat. 

Kedua, paket tengah yang menghubungkan 17 kabupaten/kota layanan dan 10 kabupaten/kota interkoneksi di wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara dan Kalimantan Timur.

Ketiga, paket timur yang menghubungkan 35 kabupaten/kota layanan dan 16 kabupaten/kota interkoneksi yang meliputi wilayah Nusa Tenggara Timur, Maluku, Papua dan Papua Barat.

Pembangunan infrastruktur “tol langit” yang menghubungkan 514 kota/kabupaten di Indonesia dengan jaringan serat optik didesain untuk menyediakan internet cepat dan mengurangi kesenjangan digital khususnya di wilayah terluar, terdepan, dan tertinggal (3T). 

Pasalnya, wilayah 3T secara komersial tidak feasible untuk dibangun oleh penyelenggara telekomunikasi. Oleh karenanya, pembangunan proyek Palapa Ring dilaksanakan dengan dua skema, yaitu skema KPBU (kerja sama pemerintah dan badan usaha) dan skema non-KPBU.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...