Prudential Indonesia Dorong Peningkatan Kualitas Tenaga Pemasar

Anshar Dwi Wibowo
Oleh Anshar Dwi Wibowo - Tim Publikasi Katadata
7 Maret 2023, 13:27
Prudential
Katadata

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) terus meningkatkan standar kualitas pelayanan dan profesionalisme tenaga pemasar yang jumlahnya lebih dari 150 ribu orang di 2022. 

Hal ini dilakukan agar lebih banyak masyarakat yang dapat merasakan manfaat optimal dari asuransi. Selain itu, agar mampu mengelola ketahanan finansial di tengah beragam tantangan hidup. Mengingat, literasi asuransi di Indonesia masih rendah. 

Berdasarkan hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) yang dilakukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 2022, indeks literasi asuransi masyarakat Indonesia sebesar 31,72 persen, lebih rendah dibandingkan perbankan sebesar 49,93 persen. 

Tingkat inklusi asuransi bahkan lebih rendah lagi, hanya mencapai 16,63 persen. Angka tersebut jauh di bawah perbankan yang mencapai 74,03 persen.

Rendahnya indeks literasi dan inklusi asuransi tentu menimbulkan dampak bagi masyarakat. Menurut studi yang dilakukan oleh The Economist Intelligence Unit rendahnya inklusi asuransi membuat kondisi finansial masyarakat Indonesia lebih rentan dalam menghadapi krisis akibat kondisi medis.

Pasalnya, hanya 29 persen responden dari Indonesia yang mengaku siap menghadapi tantangan tersebut. Angka itu merupakan yang terendah dibandingkan tingkat kesiapan masyarakat di negara Asia lainnya.

Berkaca dari kondisi tersebut, Prudential Indonesia terus meningkatkan kualitas tenaga pemasar. Sebab, mereka berperan penting sebagai pendorong pemahaman masyarakat terkait literasi dan inklusi keuangan terutama asuransi. 

Rusli Chan, Chief Agency Officer Prudential Indonesia mengatakan, tenaga pemasar Prudential Indonesia adalah ‘agen perubahan’ dan sebagai garda terdepan dalam mendorong literasi dan inklusi keuangan di Indonesia. 

“Mereka membantu masyarakat untuk dapat merasakan manfaat terlindungi asuransi secara optimal, memiliki ketahanan finansial yang terjaga kokoh, termasuk menghadapi risiko kehidupan di masa kini dan mendatang,” katanya.

Dalam upaya meningkatkan kapabilitas dan kapasitas tenaga pemasar, Prudential menjalankan berbagai program yakni PRUVerge, PRUMDRT dan PRUVenture. PRUVerge dan PRUMDRT memberikan berbagai pelatihan intensif, pendampingan, serta evaluasi komprehensif. Tujuannya untuk melengkapi para tenaga pemasar dan para pemimpin dengan keterampilan komprehensif serta kepemimpinan yang mumpuni. 

Sementara PRUVenture merupakan program pelatihan dan pengembangan intensif untuk mendorong para tenaga pemasar mengembangkan karier keagenannya secara full time.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...