Erick Thohir Jadi Menteri dengan Sentimen Positif Tertinggi di Medsos

Dari hasil analisis MediaWave, diperoleh lima daftar menteri terbaik di media sosial. Menteri BUMN Erick Thohir mendapatkan EMSS tertinggi sebesar 23,11 persen.
Muhammad Taufik
12 Januari 2023, 15:38
Menteri BUMN Erick Thohir berpidato saat pembukaan State-Owned Enterprises (SOE) International Conference di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Bali, Senin (17/10/2022). SOE International Conference yang mengangkat tema "Driving Sustainable & Inclu
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww.
Menteri BUMN Erick Thohir berpidato saat pembukaan State-Owned Enterprises (SOE) International Conference di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Bali, Senin (17/10/2022). SOE International Conference yang mengangkat tema "Driving Sustainable & Inclusive Growth" itu merupakan salah satu dari agenda Road to G20 dari Trade, Industry and Investment Working Group (TIIWG).

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dinilai sebagai menteri dengan persepsi publik positif tertinggi di Kabinet Indonesia Maju. Kesimpulan ini didapat dari hasil analisis yang diolah oleh lembaga monitoring dan analisis media sosial, Mediawave. 

MediaWave melakukan monitoring dan analisis percakapan dari pemberitaan media sosial terkait para menteri di Kabinet Indonesia Maju selama periode 1-31 Desember 2022. Data tersebut lalu diolah dan diklasifikasikan pada tiga parameter yaitu sentimen positif, sentimen negatif, dan sentimen netral.  

Melalui formula Earned Media Share of Sentiment (EMSS), sentimen dan seberapa besar jumlah percakapan yang menyorot menteri terkait dikalkulasi. Semakin besar persentase EMSS, maka menteri tersebut mendapat porsi jumlah percakapan yang besar serta sentimen positif yang cukup tinggi. 

Dari hasil analisis MediaWave, diperoleh lima daftar menteri terbaik di media sosial. Menteri BUMN Erick Thohir mendapatkan EMSS tertinggi sebesar 23,11 persen dengan total percakapan sebesar 220,518. 

Advertisement

Capaian tersebut mengungguli empat menteri yang terdapat dalam daftar itu, antara lain Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri Agraria Hadi Tjahjanto, Menteri Kesehatan Budi Gunadi, dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. 

Sementara itu, dalam percakapan publik di media sosial, terdapat beberapa top isu yang menyertakan Erick Thohir sebagai sorotan. Pertama, Menteri BUMN menerima penghargaan sebagai menteri terbaik dalam CNBC Indonesia. Kedua, Hasil survei nasional Poltracking Indonesia yang menempatkan Erick Thohir sebagai Menteri dengan kinerja terbaik. 

Lalu ketiga, konsep festival budaya yang dirancang oleh Erick Thohir pada pernikahan Kaesang. Keempat, pernyataan Erick bahwa PSSI harus dibongkar total demi menciptakan ekosistem sepak bola Indonesia yang lebih baik. Kelima, kehadiran Erick Thohir sebagai komentator pertandingan sepak bola Piala Dunia 2022 di program televisi swasta

Keenam, yaitu kunjungan dan program kerja Menteri BUMN di Sumatera Barat. Ketujuh, Erick Thohir dinilai sebagai cawapres yang dapat memenangkan Prabowo Subianto di 2024 dalam hasil survei lembaga SPIN. Terakhir, Ganjar Pranowo dan Erick Thohir digadang-gadang sebagai sosok pemimpin yang memikirkan rakyat dan cocok disandingkan pada Pilpres 2024.

Tingginya EMSS Erick Thohir ini diperoleh melalui serangkaian capaian program kerja yang berhasil dituntaskan selama paruh tahun 2022. Faktor lainnya adalah pemberitaan melalui media online dan sosialisasi media sosial yang variatif sehingga menunjukkan prestasi yang jauh melampaui portofolio kementerian. 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.

Artikel Terkait