PLN Memimpin Transisi Energi Indonesia

Porsi energi baru terbarukan dalam bauran energi PLN mengalami peningkatan.
Image title
Oleh Anshar Dwi Wibowo - Tim Riset dan Publikasi
26 November 2020, 18:07

PLN terus berupaya meningkatkan penggunaan energi baru terbarukan (EBT) dalam penyediaan listrik bagi masyarakat dan industri. Porsi EBT dalam bauran energi PLN mengalami peningkatan dari 10,7 persen pada 2015 menjadi 14,2 persen pada September 2020.

Berbagai program dijalankan untuk mengoptimalkan pemanfaatan energi bersih. Di antaranya mendorong konversi pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) ke EBT. Tahap pertama dilangsungkan di 200 lokasi dengan kapasitas total 225 mega watt (MW) yang ditargetkan beroperasi pada 2023.

Selain itu, PLN juga mengoptimalkan pemanfaatan energi matahari dengan pengembangan solar photovoltaic (PV) melalui pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). Saat ini sudah ada 136 PLTS dengan kapasitas 78,3 MW.

Pada hari jadinya yang ke-75, PLN melakukan transformasi bertajuk “Power Beyond Generations.” Perusahaan berupaya menjadi perusahaan listrik terkemuka di Asia Tenggara dan pilihan pelanggan untuk solusi energi.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.