Waspada Hoaks Covid-19 di Media Sosial

Beragam jenis disinformasi atau hoaks membanjiri jejaring media sosial selama pandemi.
Image title
Oleh Anshar Dwi Wibowo - Tim Publikasi Katadata
30 September 2021, 11:12

Di tengah pandemi Covid-19 saat ini, ancaman datang bukan saja dari virus Corona tetapi juga dari disinformasi atau hoaks yang tidak kalah berbahaya. Sebab, hal tersebut dapat mengaburkan informasi sehingga membuat kebingungan di masyarakat. 

Beragam jenis hoaks membanjiri jejaring media sosial selama pandemi berlangsung. Hoaks tersebut antara lain terkait virus Covid-19, vaksin, obat-obatan penangkal virus Corona, hingga skenario krisis ekonomi di Indonesia. 

Guna meningkatkan literasi masyarakat terhadap COVID-19, Kementerian Komunikasi dan Informatika berkomitmen melakukan verifikasi dan menetralisir kabar bohong yang beredar di media sosial. Upaya tersebut dilakukan dengan membangun sistem Hoax Buster melalui kanal www.covid19.go.id.

Masyarakat dapat andil dalam menanggulangi hoaks yakni dengan menyaring informasi dan memeriksa fakta terkait sumber dan konten informasi yang diperoleh. Selain itu masyarakat juga dihimbau untuk aktif dalam memerangi hoaks dengan melakukan aduan jika menemukan informasi palsu melalui berbagai kanal yang disediakan pemerintah dan platform media sosial.

Informasi lebih lanjut tentang literasi digital dapat diakses melalui info.literasidigital.id.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.