Jangan Lengah Meski Kasus Covid-19 Melandai

Meski kasus Covid-19 menurun, masyarakat perlu tetap waspada dengan memperketat protokol kesehatan.
Image title
14 Oktober 2021, 11:19

Sejumlah kebijakan yang diterapkan pemerintah berbuah penurunan kasus positif Covid-19. Meski demikian, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengingatkan, masyarakat perlu tetap waspada dan tidak perlu euforia berlebihan.

“Euforia turunnya kasus Covid-19 tidak boleh menjadikan pemerintah dan masyarakat lengah. Protokol kesehatan justru harus lebih disiplin diterapkan mengingat kegiatan masyarakat sudah mulai berjalan normal,” katanya, dikutip dari Republika.co.id.

Wiku mengingatkan agar bisa belajar dari negara lain yang kasusnya mengalami peningkatan saat protokol kesehatannya lengah, contohnya India. Ia mengungkapkan, kenaikan kasus lonjakan kedua di negara tersebut akibat euforia keberhasilan negara menurunkan kasus di lonjakan pertama. 

Sehingga, masyarakat cenderung merasa aman dan kembali beraktivitas tanpa menerapkan protokol kesehatan, terutama kegiatan agama dan politik. “Karena euforia ini pula, laju vaksinasi cenderung menurun dibandingkan saat lonjakan kasus pertama,” tuturnya.

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.