Waspada Lonjakan Kasus Covid-19 di Akhir Tahun

Mitigasi dan pencegahan perlu dilakukan dari jauh-jauh hari untuk menghadapi potensi lonjakan kasus Covid-19 pada akhir tahun.
Image title
20 Oktober 2021, 19:56

Kasus Covid-19 diramal bisa melonjak pada akhir tahun 2021 apabila tidak diantisipasi. Kesimpulan ini disampaikan Juru Bicara Vaksinasi Covid 19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi. 

"Kita harus bersiap pada bulan Desember menghadapi Natal dan Tahun Baru. Kemarin menyebabkan lonjakan kasus, dan harus kita antisipasi," ujarnya beberapa waktu lalu.

Senada, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Ganip Warsito juga mengimbau tiap daerah untuk mewaspadai adanya potensi gelombang ketiga penularan Covid-19, yang menurut para ahli dapat terjadi di akhir tahun.

 “Akhir tahun atau bulan Desember bertepatan dengan dua momentum besar yakni Hari Raya Natal dan pergantian tahun. Libur pada periode tersebut berpotensi memicu keinginan masyarakat untuk beraktivitas di luar ruangan,” ujar pria yang juga menjabat Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 ini.

Sementara data satgas menunjukkan, setiap libur panjang dan adanya kegiatan besar memang memacu terjadinya kenaikan kasus. Pada periode setelah Idul Fitri tahun 2020 tercatat kenaikan kasus hingga 214 persen. Kenaikan mulai terjadi dua minggu pasca Idul Fitri dan bertahan selama tujuh minggu. 

Setelah itu, kenaikan kasus terjadi dalam kurun November 2020 hingga Januari 2021. Kenaikan ini merupakan akumulasi dari acara kolektif yang dimulai dari hari kemerdekaan 17 Agustus, Maulid Nabi pada 28 – 29 Oktober, periode Natal dan Tahun Baru 2021. Kenaikan kasusnya sebesar 389 persen dan bertahan hingga 13 minggu. Setelah puncak pertama, kasus sempat menurun selama 15 minggu. 

Setelahnya Indonesia masuk pada puncak kedua dampak dari periode Idul Fitri 2021. Didukung adanya varian Delta yang menyebar luas di Indonesia, penularan virus Corona meningkat. Akibatnya, kasus naik hingga 880 persen dan kenaikannya bertahan selama 8 minggu.

Untuk itu mitigasi dan pencegahan perlu dilakukan dari jauh-jauh hari. Penerapan protokol kesehatan yang ketat dan vaksinasi diyakini menjadi dasar yang kuat untuk menghadapi potensi lonjakan kasus pada akhir tahun.

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.