Pentingnya Prokes dan Vaksinasi untuk Menghadapi Libur Nataru

Tidak menutup kemungkinan Indonesia bisa lolos dari ancaman gelombang ketiga pasca periode Natal dan tahun baru jika setidaknya menerapkan prokes dan meningkatkan cakupan vaksinasi.
Image title
30 November 2021, 10:09

Penerapan protokol kesehatan (prokes) dan melakukan vaksinasi merupakan kunci untuk mengantisipasi potensi lonjakan kasus Covid-19 pada momen libur Natal dan tahun baru.

"Kunci kesuksesan menghadapi periode Natal dan tahun baru ada dua, yaitu kesadaran masyarakat untuk tetap memakai masker dan menjaga jarak, serta tidak menunda-nunda untuk divaksin," ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito beberapa waktu lalu, dikutip dari CNN Indonesia.  

Oleh karena, satgas diberdayakan di berbagai tempat umum untuk mengawasi kepatuhan protokol kesehatan. Menurut Wiku, kelengahan sedikit saja akan berpotensi pada kenaikan kasus.

Di sisi lain, pemerintah terus mengejar target pelaksanaan vaksinasi. Berdasarkan informasi resmi dari situs Covid19.go.id, cakupan vaksinasi dosis pertama per 29 November sekitar 66,7 persen. Sedangkan vaksinasi dosis kedua sekitar 45,5 persen.  

Cakupan vaksinasi dosis lengkap merupakan fokus pemerintah karena dapat memberikan perlindungan lebih optimal dibandingkan dengan dosis satu saja.

"Tidak menutup kemungkinan Indonesia bisa lolos dari ancaman gelombang ketiga pasca periode Natal dan tahun baru nanti, jika setidaknya penerapan protokol kesehatan serta cakupan vaksinasi terus ditingkatkan," ujar Wiku.

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.