Klaster Corona dari Ijtima Ulama Gowa

Presiden Joko Widodo menilai klaster Gowa termasuk kelompok yang perlu diwaspadai dan berpotensi menyebarkan penyakit Covid-19.
Image title
Oleh Yosepha Pusparisa
9 Mei 2020, 10:26

Salah satu klaster penyebaran Covid-19 terbesar di Indonesia berasal dari acara ijtima ulama yang dilangsungkan di Gowa, Sulawesi Selatan. Meski akhirnya dibatalkan, tetapi di lokasi acara sempat berdatangan ribuan orang yang berasal dari berbagai provinsi dan luar negeri.

(Baca: Simalakama Mitigasi Covid-19, Kesehatan atau Ekonomi?)

Sebulan setelah acara Ijtima Ulama dibatalkan, baru terlihat persebaran Covid-19 dari klaster tersebut. Berdasarkan data Rabu (6/5) lalu, terdapat 480 orang yang dinyatakan positif Covid-19. Jumlah tersebut belum termasuk 44 warga negara asing yang juga terjangkit Covid-19 dari klaster yang sama.

(Baca: Jokowi Awasi Lima Klaster untuk Cegah Gelombang Kedua Corona di RI)

Presiden Joko Widodo menilai klaster Gowa termasuk kelompok yang perlu diwaspadai dan berpotensi menyebarkan penyakit Covid-19. Sehingga ia pun meminta jajarannya agar mengawasi klaster tersebut. “Ini perlu betul-betul dimonitor secara baik,” kata Jokowi melalui video conference pada Senin (4/5). 

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.