Popularitas Gim di Tengah Pandemi Covid-19

Andrea Lidwina
5 Oktober 2020, 15:35

Industri gim salah satu yang memetik cuan selama pandemi Covid-19. Sejumlah gim tercatat mengalami peningkatan penjualan dan pemain. Misalnya, Animal Crossing: New Horizons yang sudah terjual 22,4 juta unit hingga 30 Juni 2020. Padahal, gim milik Nintendo ini baru dirilis pada 20 Maret 2020.

Begitu pula dengan Minecraft dari Mojang Studios juga mencatatkan kenaikan jumlah pemain sebesar 25 persen pada April 2020. Gim yang dirilis sejak akhir 2011 ini pun sudah terjual 200 juta unit per Mei 2020.

Selanjutnya, gim daring Among Us pun tengah diminati masyarakat dunia. Rata-rata harian jumlah pemainnya di layanan Steam meningkat 789 persen pada Agustus 2020 dibandingkan bulan sebelumnya. Gim ini dikembangkan oleh InnerSloth asal Amerika Serikat dan dirilis pada 15 Juni 2018.

Selama pandemi, gim bisa menjadi sarana sosialisasi masyarakat di tengah kebijakan jaga jarak fisik. Kemudian, menghilangkan stres dari pekerjaan dan membantu anak belajar soal teknologi maupun soft skill. Namun, bermain gim secara berlebihan bisa menimbulkan efek negatif, seperti kurang tidur, sulit berkonsentrasi, dan performa kerja yang buruk.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami