Jalan Panjang Vaksin Merah Putih Covid-19

Pengembangan vaksin Merah Putih dapat mengurangi keraguan masyarakat karena dibuat dari isolat virus yang ada di Indonesia.
Andrea Lidwina
6 November 2020, 09:23

Indonesia adalah salah satu negara yang turut mengembangkan vaksin Covid-19. Vaksin yang dinamakan Vaksin Merah Putih ini merupakan konsorsium antara Kementerian Riset dan Teknologi serta enam institusi.

Lembaga Biologi Molekuler Eijkman misalnya, akan memulai uji praklinis vaksin pada November 2020. Dengan begitu, uji klinis atau uji coba pada manusia bisa dimulai tahun depan oleh Bio Farma.

Kemudian Universitas Airlangga pun memiliki linimasa serupa dengan Eijkman. Sedangkan, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) rencananya melakukan uji coba pada hewan mulai pertengahan 2021.

Sementara itu, Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) belum menentukan rencana uji coba, baik praklinis maupun klinis.

Berdasarkan survei KedaiKOPI, sebanyak 71% responden optimistis vaksin Merah Putih bisa mengatasi virus corona. Vaksin ini dibuat dari isolat virus yang beredar di Indonesia sehingga sesuai dengan kondisi tubuh masyarakat.

Selain itu, keraguan publik terhadap keamanan vaksin pun bisa berkurang. Selain itu, Indonesia tidak akan bergantung pada negara lain jika harus membuat ulang vaksin.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.