Film Horor Bangkit dari Pandemi

Film horor Indonesia kembali bangkit setelah tertekan pandemi Covid-19. Teranyar, Pengabdi Setan 2: Communion meraih 3 juta penonton di hari keenam penayangan.
Vika Azkiya Dihni
12 Agustus 2022, 11:40

Industri perfilman tanah air, termasuk yang bergenre horor mulai menunjukkan pemulihan setelah sempat terpukul akibat pandemi Covid-19. Dalam satu dekade terakhir, produksi film horor di Indonesia cenderung meningkat. 

Setelah mencapai angka tertingginya pada 2019, produksi film ini anjlok di awal tahun pandemi. Meski demikian, produksi film horor nasional mulai merangkak naik dua tahun ke belakang.

Film bergenre horor bahkan meraih jumlah penonton yang terbilang cukup fantastis. Sebut saja, KKN di Desa Penari. Meski penayangannya sempat tertunda karena pandemi, sehingga baru dirilis pada 30 April 2022.

KKN di Desa Penari telah disaksikan oleh 9,23 juta penonton di seluruh bioskop tanah air. Dengan pencapaian tersebut, film yang disutradarai oleh Awi Suryadi ini bahkan menjadi film terlaris di Indonesia dari semua genre.

Teranyar, film karya Joko Anwar, Pengabdi Setan 2: Communion berhasil mengumpulkan lebih dari 3 juta penonton sampai hari keenam sejak pertama kali tayang pada 4 Agustus 2022.

“Teman-teman, terimakasih banyak yang tak terhingga ya. Pengabdi Setan 2 bisa mencapai lebih dari 3 juta penonton dalam 5 setengah hari. Terima kasih dukungannya,” tulis Joko Anwar melalui akun Twitternya.

Jumlah itu diprediksi bakal terus bertambah dan lebih tinggi dari film pertamanya, Pengabdi Setan yang rilis pada 2017 lalu. Diketahui, Pengabdi Setan tersebut telah ditonton 4,2 juta orang, mengalahkan Danur: I Can See Ghost yang juga dirilis pada 2017 dengan meraih 2,74 juta penonton.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.