Jemput Bola Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia

Dini Hariyanti
20 Maret 2021, 23:34
Jemput Bola Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia
ANTARA FOTO/Fauzan/foc.

Tingkat kematian akibat virus corona untuk kelompok lansia di Indonesia relatif tinggi. Oleh karena itu, vaksinasi Covid-19 bagi mereka penting. Namun lansia butuh pendekatan khusus, misalnya dengan jemput boleh oleh petugas, lantaran pelaksanaan di lapangan kadang tidak berjalan mulus.

Kepala BPOM Penny Lukito dalam salah satu kesempatan jumpa pers virtual menyatakan, berdasarkan data yang diperoleh dari Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KCPEN), angka kematian lansia akibat virus corona 47,3 persen. Karena itu, pemerintah menetapkan pemberian vaksin yang tersedia, yaitu Coronavac, menjadi prioritas bagi kelompok ini.

Advertisement

Meskipun kesadaran pentingnya vaksinasi Covid-19 bagi kelompok lansia sudah ada, bukan berarti pelaksanaan riilnya tanpa kendala. Mengutip publikasi dalam akun @pandemictalks, terdapat sejumlah kesulitan dalam vaksinasi lansia. Tidak hanya simpang siur informasi tata cara pendaftaran, lansia juga kesulitan mendaftar, serta pelanggaran protokol kesehatan di tempat vaksinasi.

Misalnya terkait informasi pendaftaran, beredar kabar cukup beragam. Ada yang menyebutkan melalui aplikasi PeduliLindungi.id, tautan yang beredar via WhatsApp, hingga langsung hadir ke lokasi penyuntikan dengan membawa KTP. Akibatnya, terjadi antrean panjang di beberapa fasilitas kesehatan lantaran mereka mengira bisa langsung datang untuk vaksinasi. 

Pandemictalks melansir, seorang lansia di Jakarta Barat, Raharjo, 78 tahun, kesulitan mendaftar vaksinasi. Pasalnya, ia tinggal seorang diri dan tidak memiliki ponsel pintar guna mengakses tautan pendaftaran vaksinasi. Terlebih, Raharjo asing dengan perangkat teknologi informasi.

Meskipun demikian, vaksinasi terus berlangsung, dengan target 21,5 juta orang. Prosesnya sudah berjalan sekitar setengah bulan, dimulai bertahap yang diawali dari DKI Jakarta dan ibu kota provinsi lain terutama di Pulau Jawa dan Bali.

Sejak jauh-jauh hari, Penny mengingatkan agar dalam proses vaksinasi kepada para lansia dilakukan dengan hati-hati. Sebab, kelompok ini kebanyakan memiliki komorbid atau penyakit penyerta. 

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement