Cuci Tangan dengan Sabun dan Air Mengalir

Cuci tangan selama 20 detik dengan sabun dan air mengalir mengurangi risiko penularan virus hingga 35 persen
Image title
Oleh Melati Kristina Andriarsi - Tim Riset dan Publikasi
31 Oktober 2020, 11:11

Sering mencuci tangan dengan sabun adalah salah satu cara efektif dalam menangkal Covid-19. Bahkan, mencuci tangan selama 20 detik dapat mengurangi risiko penularan virus hingga 35 persen. Dibanding hand sanitizer, penggunaan air dan sabun lebih efektif dalam memerangi Covid-19 sebab sabun akan melarutkan membran lemak virus sehingga bisa mematikannya.

Adapun menggunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol kurang dari 70 persen tidak efektif dalam mematikan kuman dan bakteri di tangan. Pembersih tangan berbasis alkohol tersebut juga dapat menghilangkan minyak alami di tangan sehingga berpotensi menyebabkan iritasi bila terlalu sering digunakan.

Meski demikian, memakai hand sanitizer tetap dianjurkan untuk digunakan dalam keadan mendesak bila tidak memungkinkan untuk mencuci tangan dengan sabun. Sementara penggunaan hand sanitizer yang benar adalah dengan menuangkan produk tersebut ke telapak tangan dan gosokkan hingga 10-15 detik hingga mengering.

Selain mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak juga harus selalu diterapkan agar lebih maksimal dalam memproteksi diri dari Covid-19. 

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan