Kalbar: Perhutanan Sosial, Andalan Membangun Desa

Kalimantan Barat, provinsi yang mengantongi izin terbanyak, jadi contoh terbaik dalam pelaksanaan Hutan Desa.
Image title
Oleh Hanna Farah Vania - Tim Riset dan Publikasi
3 Desember 2020, 10:00

Berdasarkan hasil perhitungan Indeks Perhutanan Sosial oleh tim Katadata Insight Center (KIC) pada 2020, Kalimantan Barat menjadi percontohan provinsi terbaik dalam implementasi skema Hutan Desa. Provinsi ini bahkan mengantongi jumlah izin terbanyak untuk Hutan Desa. Hingga Oktober 2020, terdapat 116 izin Hutan Desa dengan total luasan 334 ribu hektare.

Menurut temuan KIC, Kalimantan Barat juga menjadi provinsi dengan nilai indeks tertinggi senilai 81,9. Adapun angka median nasional senilai 36. Provinsi ini meraih posisi tertinggi karena memiliki jumlah kelompok usaha terbanyak khusus skema Hutan Desa sebanyak 235 Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS). Terdapat 105 potensi komoditas yang merupakan kedua terbesar di kategorinya.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, khususnya Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, berupaya kuat untuk mempertahankan keberhasilan ini. Adapun dukungan regulasi dari Gubernur diharapkan mempermudah pelaksanaannya di lapangan. Tak hanya itu, upaya sinergitas dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) pun menjadi strategi kunci. Hal ini diselaraskan dengan Indeks Desa Membangun (IDM) sebagai bukti nyata pembangunan.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.