Waspadai Stress pada Anak Akibat Covid-19

Meski kasus positif pada anak relatif kecil, tapi kita tetap waspada potensi tekanan mental generasi bangsa.
Image title
Oleh Dini Hariyanti - Tim Riset dan Publikasi
4 Desember 2020, 14:57

Selain orang dewasa, anak juga rentan mengalami tekanan mental pada masa pandemi Covid-19. Emosi yang mereka rasakan misalnya cemas, kesal, bingung, sedih, bahkan stres. Sebagai orang dewasa, Anda bisa ikut membantu anak-anak di sekitar dalam mengatasi potensi stress.

Satgas Penanganan Covid-19 menyebutkan setidaknya ada beberapa cara untuk membantu anak agar lebih nyaman menghadapi pandemi. Tidak hanya sebatas mendengarkan saat anak menyuarakan isi hatinya, juga perlu jelaskan situasi dengan kalimat yang mudah dipahami.

Selain itu, orang dewasa sebaiknya bicara dengan lembut sembari memberikan penghiburan kepada anak. Jangan lupa sediakan waktu khusus bagi mereka agar tetap dapat bermain dan bersantai, serta sebaiknya buatkan rutinitas baru untuk anak.

Kasus Covid-19 pada anak usia 0 – 5 tahun terbilang tidak banyak. Dari total kasus positif Covid-19, porsi pasien anak hanya 2,6 persen. Namun demikian, kita tetap perlu mewaspadai potensi tekanan mental pada anak akibat pandemi ini.

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan