Benahi Banyak Pelabuhan, Pelindo I Utang Rp 1,3 Triliun dari Tiga Bank

Ameidyo Daud Nasution
19 November 2018, 14:02
Pelabuhan ekspor
Katadata
ilustrasi.

Sindikasi bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengucurkan pinjaman Rp 1,3 triliun kepada PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I (Persero). Pinjaman tersebut digunakan untuk menerapkan digitalisasi dan menambah sarana pelabuhan.

Tiga bank tersebut adalah Mandiri, PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk, dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI). Fasilitas kredit sindikasi ini memiliki jangka waktu tujuh tahun.

Advertisement

Direktur Utama Pelindo I Bambang Eka Tjahjana mengatakan pinjaman itu untuk beberapa proyek seperti penataan pelabuhan Belawan, Medan serta pembangunan dermaga Pelabuhan Sei Kolak, Kijang. Selain itu, penguatan dermaga peti kemas di Pelabuhan Perawang, Pekanbaru, penataan Pelabuhan Malahayati.

Lalu, perpanjangan dermaga Pelabuhan Dumai, penataan terminal penumpang Pelabuhan Sibolga. Kemudian dana itu untuk operasional pelabuhan penumpang internasional dan domestik Pelabuhan Tanjung Balai.

Bambang mengatakan pembenahan terdiri dari pembelian alat kepelabuhanan, penguatan dermaga, hingga digitalisasi sistem pelabuhan hingga menjadi nontunai. “Proyek sudah eksekusi dan jalan tinggal kontraktor minta dibayar," kata Bambang di Jakarta, Senin (19/11).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement