Kembangkan Ban Truk, Pendapatan Gajah Tunggal Ditarget Naik 15 Persen

Image title
Oleh
6 Juni 2014, 15:52
Gajah Tunggal KATADATA | Bernard Chaniago
KATADATA | Bernard Chaniago
KATADATA | Bernard Chaniago

KATADATA ? PT Gajah Tunggal, emiten produsen ban, menargetkan pertumbuhan pendapatan sebesar 10-15 persen pada tahun ini. Peningkatan penjualan akan dilakukan dengan menciptakan produk-produk baru.

?Kami realistis dengan kondisi ekonomi yang seperti ini. Jadi kami fokus dengan untuk inovasi. Jadi target 10-15 persen, saya rasa sudah cukup baik,? tutur Direktur Keuangan Gajah Tunggal Kisyuwono seusai rapat umum pemegang saham (RUPS) di Jakarta, Jumat (6/6).

Dia menjelaskan, perseroan akan ekspansi ke produk ban radial untuk kendaraan truk dan bus atau Truck and Bus Radial (TBR). Untuk itu, Gajah Tunggal menyiapkan belanja modal atau capital expenditure (capex) senilai US$ 135 juta atau sekitar Rp 1,6 triliun pada tahun ini.

Dari dana tersebut, sekitar US$ 20 juta atau sekitar Rp 236.46 miliar akan dipakai untuk perluasan pabrik TBR di Tangerang. Dengan perluasan pabrik tersebut, perseroan menargetkan kapasitas produksi ban TBR akan menjadi 1.600 unit per hari dari saat ini sekitar 300 unit per hari.

?Kontribusi TBR masih kecil. Terbesar masih di ban radial, ban motor, dan ban bias,? terangnya.

Adapun dana capex terbesar akan dipakai untuk membangun pusat penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dan pembangunan trek uji coba (proving ground).

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...