Gempa Bumi Bermagnitudo 5,5 Guncang Sukabumi

Aryo Widhy Wicaksono
16 Maret 2022, 11:08
Tangkapan gambar pusat gempa bumi di Sukabumi
ANTARA/HO-BMKG Bandung

Gempa bumi dengan magnitudo (M) 5,5 mengguncang wilayah Kota Sukabumi pada Rabu (16/3) sekitar pukul 10.00 WIB. Pusat gempa tercatat berlokasi sekitar 113 kilometer sebelah tenggara Kota Sukabumi, Jawa Barat.

Berdasarkan informasi di situs resmi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), episentrum guncangan berada di 7,94 derajat Lintang Selatan dan 106,94 derajat Bujur Timur dengan kedalaman 10 kilometer.

Advertisement

Saat ini petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota dan Kabupaten Sukabumi masih mendata ada tidaknya korban atau bangunan rusak akibat guncangan yang terjadi.

Menurut Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno, gempa bumi di Sukabumi ini termasuk jenis dangkal akibat adanya aktivitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

"Hingga pukul 10.25 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan," ucap Bambang seperti dikutip Antara, Rabu (16/3).

Menurut Bambang, gempa bumi ini dapat dirasakan hingga daerah Pelabuhan Ratu dan Cianjur, dengan skala intensitas IV MMI atau dirasakan orang banyak di dalam rumah.

Sedangkan di daerah Garut, Pandeglang, Bayah, dan Panimbang, gempa terasa dengan skala intensitas III MMI, yaitu terasa nyata di dalam rumah dan terasa getaran seperti ada truk yang melintas. Kemudian di daerah Lebak Selatan, Cilegon dan Sukabumi pun merasakan hal yang sama dengan skala intensitas II-III MMI.

Sementara di daerah Jakarta, Banjar, Bandung Barat, Purwakarta, Tangerang Selatan, Bandung, Bekasi, Depok, dan Serang, getaran akan terasa dengan skala intensitas II MMI. Gempa hanya dirasakan oleh beberapa orang, dan membuat benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement