8 Gelombang Tsunami Terbesar di Dunia

Dwi Latifatul Fajri
7 Februari 2022, 09:31
Tsunami Terbesar di Dunia
nbcnews.com/Mainichi Shimbun / Reuters file
Bencana Tsunami Terbesar di Dunia

Gempa bumi besar dan tsunami termasuk bencana alam besar yang merusak. Dalam sejarah, tsunami telah menghancurkan beberapa wilayah dan kematian warga. Contohnya tsunami di Aceh yang terjadi 26 Desember 2004 menimbulkan gelombang tsunami setinggi 50 meter.

Tsunami terjadi di beberapa daerah termasuk Indonesia. Gempa bumi terjadi karena getaran dan pergerakan lempeng bumi. Gempa yang terjadi lebih dari 7 skala richter (SR) berpotensi menimbulkan tsunami.

Bencana Tsunami Terbesar Di Dunia

Tsunami terjadi di beberapa daerah termasuk Jepang. Kata tsunami sendiri berasal dari bahasa Jepang, tsu artinya pelabuhan dan nami adalah gelombang. Tsunami menimbulkan gelombang besar yang terjadi di sekitar pantai. Tinggi permukaan air laut ke darat ini mencapai 10 sampai 100 kilo meter lebih.

Mengutip dari sulutprov.go.id, kata tsunami menjadi bahasa dunia setelah gempa besar yang terjadi pada 15 Juni 1986. Tsunami terjadi di pelabuhan Sanriku Jepang. Tsunami ini merusak pantai barat Honshu sepanjang 280 km.nPenyebab tsunami adalah gempa yang bersumber dari laut. Akibat patahan yang bergerak, menimbulkan gempa dan gelombang air laut tinggi ke pantai.

Berikut daftar gelombang tsunami terbesar di dunia:

1. Sumatra, Indonesia

Gempa Aceh kekuatan 9,1 SR di lepas pantai diperkirakan ada di kedalaman 30 km. Pantai di Sumatera ini memiliki zona patahan yang menyebabkan tsunami sepanjang 1.300 km. Zona patahan ini menggeser dasar laut beberapa meter. Mengutip dari australiangeographic.com.au, gelombang tsunami setinggi 50 meter ini mencapai 5 km di Meulaboh, Aceh. Diperkirakan 230.000 jiwa dilaporkan tewas.

2. Pantai Pasifik Utara, Jepang

Bencana tsunami di Jepang terjadi karena gempa berkekuatan 9,0 SR, dengan kedalaman 24,4 km. Gempa dan tsunami di Jepang ini terjadi pada 11 Maret 2011. Tsunami memiliki gelombang setinggi 10 meter dengan kecepatan 800 km per jam. Gempa ini sampai mengakibatkan pembangkit tenaga listrik nuklir mengeluarkan uap radioaktif. Selain itu 452.000 orang dipindahkan tempat penampungan ketika terjadi tsunami.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...