Demokrat dan Nasdem Jajaki Koalisi untuk Pemilu 2024

Aryo Widhy Wicaksono
29 Maret 2022, 14:10
Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (kanan) memberi salam saat memulai perjalanan safari Ramadhan di Lombok, Mataram, NTB, Rabu (28/4/2021). Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengunjungi Lombok dalam rangka
ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/wsj.
Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (kanan) memberi salam saat memulai perjalanan safari Ramadhan di Lombok, Mataram, NTB, Rabu (28/4/2021). Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengunjungi Lombok dalam rangka safari Ramadhan sekaligus bersilaturahim dengan tokoh ulama dan tokoh masyarakat.

Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Ketua Umum DPP Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh bertemu untuk membahas peluang berkoalisi pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Keduanya sepakat bahwa kesempatan untuk membangun koalisi di antara kedua partai sangat terbuka. Meski begitu, belum ada keputusan konkrit yang disepakati bersama pada pertemuan kali ini.

“Di sini kami ingin berdiskusi, karena pada dasarnya baik dari Demokrat maupun NasDem memiliki garis-garis ideologi dan visi jangka panjang serupa,” kata AHY di kantor DPP Nasdem, Jakarta, Selasa (29/3), seperti dikutip Antara.

AHY merasa Demokrat dan NasDem memiliki banyak persamaan dan titik temu, sehingga peluang untuk berkoalisi pada Pemilu 2024 menjadi lebih besar. "Kami juga punya visi misi serupa," tutur dia.

Menurut AHY, penentuan koalisi masih memerlukan komunikasi lebih lanjut. "Sekarang masih awal 2022, kita ikuti terus. Ini akan terus menarik," ujar AHY yang datang bersilaturahim untuk pertama kalinya ke kantor baru DPP NasDem.

Pada pertemuan ini, Baik Demokrat dan Nasdem juga tidak membahas kandidat untuk maju dalam pencalonan presiden pada Pemilu 2024. Menurut AHY, saat ini masih terlalu dini untuk membahas isu tersebut.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...