Menlu Retno Sampaikan Sikap Indonesia soal Ukraina ke Rusia

Aryo Widhy Wicaksono
31 Maret 2022, 18:30
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/pras.
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menegaskan posisi Indonesia terkait situasi di Ukraina, dalam pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov.

Pertemuan bilateral ini dilakukan di sela-sela kegiatan di Tunxi, Cina. Menlu Retno menghadiri pertemuan Neighboring Countries of Afghanistan + Afghanistan Foreign Ministers Dialogue untuk membahas situasi di Afghanistan.

“Saya menekankan kembali posisi prinsip Indonesia, yang dipegang teguh oleh Indonesia, termasuk penghormatan terhadap hukum internasional dan prinsip-prinsip Piagam PBB, seperti kedaulatan dan integritas wilayah,” kata Retno dalam pengarahan pers, Kamis (31/3) seperti dikutip Antara.

Indonesia menegaskan pentingnya segera menghentikan peperangan di Ukraina, mengingat dampak luar biasa yang ditimbulkan terhadap kemanusiaan dan pemulihan ekonomi global.

Selain itu, Menlu menyampaikan harapan Indonesia terhadap negosiasi perdamaian yang sedang berlangsung antara perwakilan Rusia dan Ukraina di Istanbul, Turki, terus berjalan dan menghasilkan keputusan positif bagi kedua pihak.

"Oleh karena itu, diperlukan fleksibilitas agar negosiasi dapat membuahkan hasil yang baik,” ujar Retno.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...