Kuburan Massal Kembali Ditemukan di Dekat Ibu Kota Ukraina

Aryo Widhy Wicaksono
10 April 2022, 14:30
Marko Djurica Seorang petugas kebersihan berjalan melewati bangunnan yang hancur akibat penembakan, di tengah invasi Rusia ke Ukraina di Borodyanka, Kyiv, Ukraina, Kamis (7/4/2022).
ANTARA FOTO/REUTERS/Marko Djurica/aww/cf
Marko Djurica Seorang petugas kebersihan berjalan melewati bangunnan yang hancur akibat penembakan, di tengah invasi Rusia ke Ukraina di Borodyanka, Kyiv, Ukraina, Kamis (7/4/2022).

Sebuah kuburan massal baru berisi puluhan warga sipil Ukraina, kembali ditemukan pada Sabtu (9/4) di Buzova, sebuah desa yang berada di dekat ibu kota Kyiv. Desa ini, selama beberapa pekan terakhir telah diduduki pasukan Rusia.

Taras Didych, kepala komunitas Dmytrivka yang mencakup Buzova dan beberapa desa terdekat lainnya, mengatakan kepada televisi Ukraina bahwa mayat-mayat itu ditemukan di parit dekat pompa bensin. Jumlah korban tewas belum dapat dikonfirmasi.

"Sekarang kami telah kembali hidup, tetapi selama masa pendudukan, kami memiliki 'titik api', banyak warga sipil tewas," kata Didych dikutip Reuters, Minggu (10/4).

Reuters belum dapat mengkonfirmasi laporan tersebut.

Saat pasukan Rusia terlibat serangan terhadap Kyiv pada pekan-pekan awal invasi, sejumlah komunitas di sekitar ibu kota, termasuk Makariv, Bucha, Irpin dan Dmytrivka, berada di tengah-tengah pertempuran. 

Dengan sebagian besar kota dan desa di sekitar Kyiv sekarang direbut kembali, penemuan kuburan massal dan korban sipil telah memicu gelombang kecaman dari dunia internasional. Khususnya kematian yang ditemukan di kota Bucha, sebuah kota di sebelah barat laut ibu kota.

Ukraina dan pihak Barat telah menuduh pasukan Rusia melakukan kejahatan perang di Bucha.

Rusia membantah menargetkan warga sipil dalam apa yang mereka sebut sebagai "operasi khusus" untuk demiliterisasi dan "denazifikasi" negara tetangga di selatan. Ukraina dan negara-negara Barat telah menolak pernyataan tersebut sebagai dalih tak berdasar untuk perang.

Halaman:
Reporter: Aryo Widhy Wicaksono
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...