Puan Maharani Nilai Mudik Lebaran Dorong Pemulihan Ekonomi

Image title
19 April 2022, 16:23
Ketua DPR Puan Maharani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (13/1/2021).
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/wsj.
Ketua DPR Puan Maharani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (13/1/2021).

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Puan Maharani mengapresiasi kebijakan pemerintah yang memberikan beragam kemudahan dalam persyaratan mudik tahun ini. Puan berharap kemudahan tersebut dapat menjadi stimulus untuk mendorong pemulihan ekonomi Indonesia, melalui sektor pariwisata dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di daerah.

Kemudahan yang dimaksudkan Puan adalah memperbolehkan anak-anak ikut mudik tanpa melakukan tes antigen atau Polymerase Chain Reaction (PCR) test, dengan catatan telah memperoleh vaksin dosis kedua. Sementara bagi orang dewasa yang telah mendapatkan vaksin ketiga atau booster, bebas melakukan perjalanan tanpa perlu tes antigen dan PCR.

“Tapi tentunya, mobilitas tinggi masyarakat harus dibarengi dengan ketatnya protokol kesehatan,” kata Puan dalam keterangan resminya pada Selasa (19/4).

Untuk itu, Puan mengingatkan pemerintah untuk mempersiapkan proses tradisi mudik ini dengan baik, terutama menghadapi puncak arus yang diperkirakan terjadi pada 28-30 April 2022.

Dia menyarankan agar pemerintah juga mempersiapkan beragam fasilitas penunjang bagi pemudik, seperti infrastruktur, serta tambahan sarana agar pemudik dapat beraktivitas dengan tenang. Persiapan ini sebagai antisipasi terhadap potensi kemacetan pada mudik lebaran tahun ini. 

Puan berharap peristiwa kemacetan parah yang membuat masyarakat menghabiskan waktu hingga puluhan jam di tol pada arus mudik 2016 tak terjadi lagi tahun ini.

“Antusiasme mudik yang tinggi harus disikapi dengan persiapan matang dari pihak otoritas. Siapkan skenario terburuk jika terjadi kemacetan parah di luar prediksi,” katanya.

Puan juga mengingatkan agar pemerintah memberikan prioritas kepada persiapan pengamanan pada berbagai titik keramaian dan berkumpulnya masyarakat. 

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...