Polri Minta Pemudik Manfaatkan Keberadaan 2.702 Posko Mudik

Image title
20 April 2022, 15:51
Sejumlah pengendara melintasi dermaga saat keluar dari kapal di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (19/4/2022).
ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/nym.
Sejumlah pengendara melintasi dermaga saat keluar dari kapal di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (19/4/2022).

Pemerintah memperkirakan puncak arus mudik akan terjadi pada Kamis (28/4) hingga Sabtu (30/4) pekan depan. Untuk mengamankan tradisi mudik Lebaran tahun ini, kepolisian akan menggelar Operasi Ketupat selama 12 hari, mulai Kamis (28/4).

Sebanyak 100 ribu lebih objek vital akan menjadi target pengamanan selama terjadinya arus mudik dan balik. Obyek tersebut adalah 97.096 masjid, 4.324 pusat perbelanjaan, 4.326 objek wisata, 833 terminal, 666 pelabuhan, 299 stasiun kereta api, dan 210 bandar udara.

Advertisement

Selain itu, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) juga menyiapkan 2.702 pos komando (posko) mudik, terdiri dari 1.710 pos pengamanan, 730 pos pelayanan, dan 258 pos terpadu.

Polri pun mengimbau pemudik untuk memanfaatkan keberadaan ribuan posko tersebut, agar perjalanan mudik dapat berjalan dengan nyaman dan aman. “Sebagai tempat istirahat bagi pemudik atau pengemudi yang kelelahan,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol. Ahmad Ramadhan pada Rabu (20/4).

Selain sebagai sebagai pusat informasi dan pengamanan, ribuan posko tersebut rencananya akan dimanfaatkan menjadi gerai vaksinasi untuk dosis pertama, kedua, maupun booster.

Kemudian, posko mudik akan dimanfaatkan untuk membantu rekayasa arus lalu lintas, serta pusat komando dan kendali operasi di lapangan secara terintegrasi.

Tak hanya menyiapkan posko mudik, kepolisian juga berencana menerapkan rekayasa lalu lintas berupa ganjil-genap dan one way atau satu arah selama sepekan mulai Kamis (28/4) pekan depan, hingga Senin (9/5). Rekayasa lalu lintas ini untuk meminimalisir kemacetan yang diprediksi terjadi pada beberapa titik:

- Ruas jalan tol Tangerang-Merak kilometer 26 atau Gerbang Tol Bitung;

- Ruas jalan tol Cikampek kilometer 31 sampai 37;

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement