Nasdem Tantang Eick Thohir Ungkap Bukti Mafia Bibit Pertanian

Aryo Widhy Wicaksono
25 April 2022, 10:30
mafia
ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/wsj.
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (kanan) melihat beras produk lokal saat kunjungan kerja pada gerakan panen padi di area persawahan Desa Blang Miro, Simpang Tiga, Aceh Besar, Aceh, Jumat (4/3/2022).

Partai Nasional Demokrat (Nasdem) meminta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, untuk mengungkap secara spesifik tudingan adanya mafia bibit pada sektor pertanian.

Saat memberikan kuliah umum di Universitas Padjadjaran (Unpad) pada Sabtu (23/4), Erick menyebut mafia-mafia tersebut menyebabkan petani menerima bibit yang salah, sehingga membuat kualitas hasil panen menurun.

"NasDem perlu menanggapi Erick Thohir karena publik tahu bahwa Syahrul Yasin Limpo (Menteri Pertanian) adalah kader NasDem yang ditugaskan untuk membantu Jokowi," kata Wakil Sekretaris Jenderal Kebijakan Publik dan Isu Strategis DPP Partai NasDem Hermawi Taslim dalam keterangan tertulisnya, Minggu (24/4).

Nasdem pun berkomitmen untuk meminta Yasin Limpo mundur, apabila pernyataan Erick Thohir terbukti benar. "Karena telah menciderai misi pengabdian restorasi yang diamanatkan oleh partai kepada beliau," tegas Hermawi.

Tak hanya itu, jika memang terdapat bukti kuat terkait dugaan penyimpangan di Kementan, maka NasDem akan meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atau Kejaksaan Agung agar mengusut tuntas dugaan adanya praktik mafia bibit ini.

Hermawan juga mempertanyakan alasan Erick Thohir yang tiba-tiba mengeluarkan pernyataan mengenai dugaan mafia bibit ini.

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...