Survei Charta Politika: Ganjar, Prabowo dan Anies Sulit Digeser

Image title
25 April 2022, 15:20
survei, pilpres 2024
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Yunarto Wijaya selaku Direktur Eksekutif Charta Politika

Hasil survei Charta Politika Indonesia menunjukkan tiga kandidat kuat sebagai calon presiden dalam Pilpres 2024. Mereka yakni Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto; Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo; dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Ketiganya memiliki elektabilitas tertinggi sebagai capres jika Pemilihan Umum (Pemilu) diselenggarakan saat ini. “Tiga besar ini sangat sulit digeser dalam setahun terakhir,” kata Direktur Eksekutif Charta Politka, Yunarto Wijaya, saat merilis hasil survei secara virtual, Senin (25/4/2022).

Ganjar merupakan tokoh dengan elektabilitas capres tertinggi dalam simulasi terbuka dengan persentase 25,6%, disusul Prabowo 22%, dan Anies 19,7%.

Temuan serupa juga terlihat pada simulasi 10 nama tokoh, Ganjar menempati posisi teratas dengan persentase 29,2%%, kemudian disusul Prabowo 23%, dan Anies 20,2%.

Survei Evaluasi Kebijakan Pemerintah dan Peluang Kandidat Capres-Cawapres 2024, ini juga  memuat beberapa nama tokoh lainnya pada survei ini memperoleh elektabilitas di bawah 5%. Mereka di antaranya adalah Sandiaga Uno (4,9%), Ridwan Kamil (4,8%), Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY (3,4%), Khofifah Indar Parawansa (3,3%), Puan Mahasani (1,8%), Erick Thohir (1,5%), dan Airlangga Hartarto (1%).

Sementara untuk hasil survei terkait nama calon wakil presiden (cawapres), Sandiaga Uno memiliki tertinggi elektabilitasnya dengan 25,4% dukungan. Kemudian disusul Ridwan Kamil (16,4%), Khofifah Indar Parawansa (8,9%), AHY (7,3%), kemudian Puan Maharani (6,1%). Sementara itu, nama-nama lainnya berada di bawah 4%.

“Mbak Puan cenderung lebih bagus ketika diposisikan sebagai cawapres daripada capres. sementara Sandiaga Uno karena dia pernah mencalonkan diri sebagai cawapres,” jelas Yunarto.

Selanjutnya, Charta Politika juga membuat simulasi pasangan kandidat capres-cawapres, dengan mengajukan tiga pasangan calon, yaitu Ganjar-Sandiaga dengan elektabilitas 34,4%, kemudian Anies-Khofifah mendapatkan 27,3%, serta Prabowo-Puan dengan 14,6%.

Untuk simulasi alternatif, pasangan Ganjar-Erick mendapatkan elektabilitas tertinggi dengan 33,6% dukungan, disusul Anies-AHY dengan 27%, serta Prabowo-Puan 23,3%.

Pada simulasi lainnya, Ganjar-Ridwan Kamil menempati urutan tertinggi dengan 34,1%, menyusul kemudian pasangan Anies-AHY dengan 27%, lalu Prabowo-Sandiaga mendapatkan 25,5%.

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...