Heboh Jokowi dan Anies Tinjau Sirkuit Formula E, Apa Maknanya?

Aryo Widhy Wicaksono
25 April 2022, 21:12
Presiden Joko Widodo bersama Gubernur DKI Anies Baswedan saat meninjau Sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara, Senin (25/4).
Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo bersama Gubernur DKI Anies Baswedan saat meninjau Sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara, Senin (25/4).

Presiden Joko Widodo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan aktivitas blusukan bersama, dengan meninjau Sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara, Senin (25/4).

Kedua pemimpin ini juga terlihat akrab membahas persiapan sirkuit untuk menggelar ajang balap intenrasional Formula E.

Keakraban Jokowi dan Anies ini pun menjadi perbincangan hangat publik di media sosial.

Beberapa akun pun menyambut positif pertemuan kedua tokoh ini. Salah satunya adalah akun Formula E Indonesia. Akun yang sering membahas topik balapan mobil listrik ini, menilai aktivitas mereka sebagai pertemuan yang membuat suasana menjadi "adem".

Selain itu, ada juga politikus Partai Gelora, Fahri Hamzah yang menganggap pertemuan ini dapat menjadi sebuah langkah awal untuk mempersatukan bangsa, dan menghilangkan politik identitas yang selama ini kadung kental dengan persaingan politik tanah air.

Hal ini menanggapi maraknya penyematan label identitas di antara para pendukung Jokowi dan Anies, yang sering berseberangan dalam melihat perkembangan politik dan kebijakan negara, terutama saat mengekspresikan diri di media sosial.

Menurut Fahri, Presiden maupun Gubernur merupakan pejabat publik yang sama-sama menggunakan anggaran negara, sehingga dia meminta agar keduanya, "Jangan diadu domba."

Sebab dia melihat selama ini banyak aktor justru menjadi pengadu domba, dan mempertebal persoalan yang sudah ada. Fahri meminta agar para aktor politik juga dapat bersikap positif.

"Sebaiknya jangan dilayani oleh para elit yang telah menjadi aktor terjadinya pembelahan, sengaja atau tidak," ucapnya saat dihubungi Katadata, Senin (25/4).

Fahri berharap peristiwa ini dapat menjadi momentum bagi para pemimpin bangsa untuk kembali mempersatukan negeri, tanpa perlu mengedepankan politik identitas.

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...