Rektor UGM yang Baru Ova Emilia, Dokter Spesialis Berkeluarga Korea

Aryo Widhy Wicaksono
20 Mei 2022, 22:57
Prof. dr. Ova Emilia, M.Med., Ed., Sp.OG (K), Ph.D. terpilih sebagai Rektor UGM periode 2022-2027 (ANTARA/HO/UGM)
ANTARA/HO/UGM
Prof. dr. Ova Emilia, M.Med., Ed., Sp.OG (K), Ph.D. terpilih sebagai Rektor UGM periode 2022-2027 (ANTARA/HO/UGM)

Universitas Gadjah Mada memilih Prof. Ova Emilia menjadi Rektor untuk periode 2022-2027. Ova ditunjuk setelah melalui proses pemilihan dan penetapan rektor yang digelar Majelis Wali Amanat (MWA) di Balai Senat kampus itu, Jumat (30/5).

Dalam pemungutan suara, Ova berhasil mengungguli suara yang diperoleh dua calon lainnya yakni Prof. Bambang Agus Kironoto dan Prof. Deendarlianto.

"Prof. Ova Emilia memperoleh 21 suara," ujar Ketua MWA UGM Prof. Pratikno, Jumat (20/5), seperti dikutip dari Antara.

Pemilihan dan penetapan rektor tersebut diikuti 17 anggota MWA secara luring dan satu anggota secara daring.

Anggota MWA yang hadir secara luring di antaranya Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim; Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X; Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Mochamad Basuki Hadimuljono; Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi; dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Seluruh anggota MWA yang hadir baik secara luring maupun daring dapat memberikan suara, kecuali Prof. Panut Mulyono selaku Rektor UGM yang masih menjabat saat ini.

Rangkaian proses pemilihan Rektor UGM telah berlangsung sejak 24 Januari 2002, dengan seleksi bakal calon rektor dan pemilihan rektor.

Pada tahap pendaftaran serta seleksi administrasi, sebanyak enam orang lolos sebagai bakal calon rektor yang kemudian diseleksi menjadi tiga calon rektor pada Rapat Pleno Senat Akademik pada 12 Mei 2022.

Rencananya Ova baru akan menjabat setelah resmi dilantik pada 27 Mei 2022 nanti.

"Karena masa jabatan Rektor (UGM) saat ini Prof. Panut Mulyono akan segera selesai, MWA akan melakukan pelantikan dalam waktu dekat," ungkap Pratikno.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...