Satgas Covid-19 IDI Nyalakan Alarm, Positivity Rate Harian RI 3,9%

Aryo Widhy Wicaksono
24 Juni 2022, 07:13
Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin dosis ketiga kepada warga di Denpasar, Bali, Selasa (14/6/2022).
ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/rwa.
Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin dosis ketiga kepada warga di Denpasar, Bali, Selasa (14/6/2022).

Kasus positif Covid-19 di Indonesia terus bertambah dengan rata-rata setiap harinya lebih dari seribu kasus. Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Zubairi Djoerban, mengingatkan masyarakat untuk kembali meningkatkan kewaspadaan.

"Alarm untuk kita," ujarnya dalam cuitan di akun resmi Twitter yang dikutip Jumat (24/6).

Risiko penularan telah meningkat dari sedang menjadi tinggi dalam beberapa minggu terakhir. "Positivity rate Jakarta mencapai 10% dan Indonesia 9,1%," jelasnya.

Angka yang diungkap Zubairi merupakan positivity rate secara agregat di Indonesia. Sedangkan untuk hariannya, Indonesia masih berada pada 3,93%. Hal ini masih berada di bawah ketetapan World Health Organization (WHO), yang menerapkan ambang batas minimal angka positivity rate kurang dari 5%.

Apabila positivity rate suatu daerah semakin tinggi, maka kondisi pandemi di daerah tersebut memburuk. Kapasitas pemeriksaan Covid-19 pun perlu ditingkatkan.

Zubairi mengajak masyarakat agar kembali memperketat protokol kesehatan dalam keseharian untuk mencegah penularan semakin meluas. "Ingat, banyak kelompok rentan seperti lansia dan komorbid di sekitar kita."

Anjuran serupa juga diingatkan oleh epidemiolog dari Universitas Indonesia (UI), Pandu Riono. Menurutnya, Presiden Joko Widodo pada beberapa kesempatan telah mengingatkan masyarakat bahwa pandemi belum berakhir, sehingga perlu tetap menjaga kewaspadaan.

"Artinya pakai masker selama beraktivitas dengan orang lain, di dalam ruangan atau di luar ruangan," tulisnya yang dikutip Jumat (24/6).

Jika melihat data, dalam tiga hari terakhir, sejak 21 Juni 2022, jumlah kasus positif hampir menyentuh 2000 orang. Secara berurutan, 1.678 pada Selasa (21/6), lalu 1.985 kasus pada Rabu (22/6), dan 1.907 kasus pada Kamis (23/6).

Halaman:
Reporter: Aryo Widhy Wicaksono, Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...