Menpan RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia

Tjahjo Kumolo dirawat di Rumah Sakit Abdi Waluyo karena mengalami infeksi paru-paru
Aryo Widhy Wicaksono
1 Juli 2022, 12:12
Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (23/6/2020).
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/foc.
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (23/6/2020).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia, usai menjalani perawatan intensif sejak beberapa hari lalu. Tjahjo Kumolo wafat pada hari ini, Jumat (1/7), sekitar pukul 11.10 WIB di RS Abdi Waluyo, Jakarta.

Kabar duka ini dikonfirmasi oleh Sekretaris Kementerian PAN RB Rini Widyantini.

"Bapak Menteri telah dipanggil Allah Swt. pada hari ini pukul 11.10 WIB. Kami mohon doa dari Bapak/Ibu dan rekan-rekan sekalian, semoga beliau diterima di sisi-Nya," ujar Rini melalui pesan singkat, Jumat (1/7).

Kementerian PANRB juga menyampaikan kabar duka tersebut dan memohon doa dari seluruh aparatur sipil negara (ASN) melalui akun Twitter resmi mereka.

Advertisement

 

Kabar duka ini juga dikonfirmasi politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Eriko Satorduga dan Ruhut Sitompul.

"Ya benar," jelas Eriko melalui pesan singkat, Jumat (1/7). 

Rencananya, jenazah Tjahjo akan dibawa ke rumah dinas Kemenpan RB di Jalan Widya Chandra 4 no. 2, Jakarta Selatan.

"Disemayamkan di rumah dinas," ungkap Eriko.

Tjahjo Kumolo sebelumnya diberitakan menjalani perawatan intensif karena mengalami infeksi pada paru-paru. Akibatnya, Tjahjo sudah tidak aktif menjalankan perannya sebagai Menpan RB sejak 21 Juni 2022 lalu. 

Selama Tjahjo sakit, Presiden Joko Widodo telah menunjuk Menteri Koordinasi Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD untuk menjabat sebagai Menpan RB ad interim.

Sebelum menjabat sebagai Menpan RB, Tjahjo pada masa Kepresidenan pertama Jokowi, dipercaya menjadi Menteri Dalam Negeri pada Kabinet Kerja sejak 2014. 

Sebagai politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Tjahjo pernah menjadi anggota legislatif, dan dipercaya menjadi Ketua Fraksi PDI-P di Dewan Perwakilan rakyat (DPR) RI periode 2009–2014. Pada masa itu, Tjahjo juga dipercaya Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri untuk menjadi Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP pada 2010.

Reporter: Ashri Fadilla
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait