Jokowi di Depan CEO Korea Selatan: Kalau Ada Masalah, Bilang ke Saya

Rizky Alika
28 Juli 2022, 13:38
Presiden Joko Widodo berkunjng ke Korea Selatan
Katadata/ Biro Pers Kepresidenan
Presiden Joko Widodo berkunjng ke Korea Selatan

Presiden Joko Widodo bertemu dengan sejumlah pimpinan perusahaan asal Korea Selatan di Lotte Hotel, Seoul, Kamis (28/7). Dalam pertemuan tersebut, Jokowi menjamin kelancaran dalam berinvestasi di Indonesia.

Presiden juga meminta para investor yang menanamkan dana ke Indonesia, agar segera menyampaikan kendala yang mereka temukan di lapangan, kepada Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanam Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, atau Menteri Koordinasi Bidang Maritim dan Investasi (Menko Maves) Luhut Pandjaitan terlebih dahulu.

Jokowi pun mempersilakan mereka untuk menghubunginya secara langsung, jika diperlukan. "Kalau mentok berdua ini tidak bisa menyelesaikan, bisa ke saya," kata Jokowi dalam keterangan pers Sekretariat Presiden, Kamis (28/7).

Menurut Presiden, masalah yang disampaikan dapat menyangkut berbagai hal, dari izin hingga persoalan imigrasi. Meski begitu, Jokowi menjelaskan bahwa dia tidak mendengar adanya keluhan berat di lapangan.

Mantan Wali Kota Solo itu menegaskan, pemerintah telah mempermudah regulasi melalui Undang-Undang Cipta Kerja. Menurutnya, aturan omnibus law itu merupakan reformasi struktural yang dilakukan Indonesia, guna memberikan peluang investasi sebesar-besarnya.

Presiden pun melihat, tren investasi dari Korea Selatan mengalami peningkatan signifikan. Saat ini, Korea Selatan merupakan investor terbesar keenam di Indonesia. "Ini sebuah capaian yang sangat bagus," ujar Jokowi.

Ia berharap, investasi asal Korea Selatan bisa masuk jajaran tiga besar di Tanah Air.

Jokowi juga memastikan, kondisi ekonomi Indonesia dalam keadaan baik. Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I tahun ini berada pada angka 5,01 persen. Sementara, inflasi masih bisa dikendalikan pada angka 4,3 persen.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...