Komet C/2022 C3 (ZTF) Mulai Terlihat di Utara Bumi, Indonesia Kapan?

Aryo Widhy Wicaksono
14 Januari 2023, 12:36
Ilustrasi komet
ANTARA FOTO/REUTERS/Christian Hartmann/WSJ/dj
Ilustrasi komet

Sebuah komet dengan warna hijau cerah mendekati Bumi untuk pertama kalinya dalam 50 ribu tahun. Komet yang mendapatkan nama C/2022 E3 (ZTF) ini berasal dari luar sistem tata surya, dan diperkirakan dapat terlihat di angkasa bagian selatan bumi, termasuk Indonesia, pada awal Februari mendatang.

Menyitir BBC Internasional, Badan Antariksa dan Penerbangan Amerika Serikat, NASA, menyebutkan komet tersebut pertama kali terlihat pada Maret 2022 saat berada pada jalur orbit Jupiter.

Hal ini juga yang menjadi latar belakang dari nama komet C/2022 E3 (ZTF). Sementara ZTF merupakan singkatan dari Zwicky Transient Facility, nama dari fasilitas pengamatan astronomi di Palomar, California, Amerika Serikat.

Pada Kamis (12/1) lalu, komet tersebut akan berada pada titik terdekatnya dengan matahari. Kondisi ini membuat masyarakat yang tinggal di bagian utara Bumi bisa melihatnya melalui teropong sebagai sebuah cahaya hijau kecil di angkasa.

Para ilmuwan memperkirakan komet tersebut akan berada di titik terdekat dengan Bumi pada 2 Februari.

"Komet terkenal tidak dapat diprediksi, tetapi jika komet ini melanjutkan tren kecerahannya saat ini, komet tersebut akan mudah dikenali," tulis NASA dalam blognya awal bulan ini, seperti dikutip BBC Internasional, Jumat (13/1).

Kapan Orang Indonesia Dapat Melihat Komet C/2022 E3 [ZTF]?

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memperkirakan masyarakat di seluruh bagian Indonesia dapat menyaksikan komet ini melintas mulai 1 Februari 2023 mendatang, mulai pukul 18.30 hingga 2 Februari pukul 02.30 WIB.

"Dari arah utara dekat konstelasi Camelopardalis," tulis peneliti Pusat Riset Antariksa BRIN, Andi Pangerang, dalam situs resmi BRIN yang dikutip Sabtu (14/1).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...