Fenomena Posisi Mars dan Hujan Meteor di Indonesia Malam Ini

Desy Setyowati
8 Desember 2022, 19:25
hujan meteor, mars,
Flickr/Jeff Sullivan
Fenomena hujan meteor Geminid pada 2014

Ada tiga fenomena alam yang bisa disaksikan di Indonesia pada hari ini (8/12), yakni posisi planet Mars dan dua hujan meteor.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menyampaikan, oposisi Mars terjadi pada Pukul 12.35 WIB hari ini. “Mars dapat disaksikan Indonesia dari arah Timur Laut sekitar waktu Matahari Terbenam,” kata Lapan melalui akun Instagram Story, Kamis (8/12).

Advertisement

Fenomena tersebut sudah terlewat untuk disaksikan. Namun, masih ada dua fenomena hujan meteor yang bisa disimak malam ini, yakni:

1. Monoceratid Desember

Ini merupakan hujan meteor yang titik radiannya terletak di konstelasi Monoceros yang berbatasan dengan konstelasi Orion dan Gemini. Aktif selama 4 – 20 Desember, dengan intensitas maksimal tiga meteor per jam di zenit besok (9/12).

Monoceratid Desember berasal dari sisa debu asteroid 2004 TG10 yang mengorbit Matahari dengan periode 3,3 tahun. Laju geosentrik meteor ini 147.600 kilometer per jam.

“Intensitas di Indonesia hanya 2 -3 meteor per jam. Ini karena ketinggian titik radian saat transit antara 71 – 88 derajat di atas ufuk utara,” kata Lapan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement