Top News: Alasan Paloh Pilih Cak Imin, Potensi Poros Baru di Pilpres

Aryo Widhy Wicaksono
4 September 2023, 05:50
Surya Paloh, Anies Baswedan, dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin di Hotel Majapahit, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (2/9/2023)
ANTARA FOTO/Ali Masduki/nym.
Surya Paloh, Anies Baswedan, dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin di Hotel Majapahit, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (2/9/2023)

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin telah mendeklarasikan diri sebagai pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden (capres - cawapres) untuk Pemilu 2024 di Hotel Majapahit, Surabaya, Jawa Timur.

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh menjelaskan alasannya memilih Cak Imin untuk sosok Anies Baswedan. Paloh mengatakan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu memiliki kelebihan yang dapat mengisi Anies.

Pernyataan Surya Paloh ini menjadi artikel terpopuler atau Top News Katadata.co.id di akhir pekan. Selain mengenai duet Anies-Cak Imin, simak juga pernyataan KPK yang menyebut lembaga itu membuka peluang untuk memeriksa Muhaimin terkait penyidikan dugaan korupsi.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Surya Paloh Bocorkan Alasannya Pilih Muhaimin Jadi Cawapres Anies

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh menjelaskan alasannya memilih Muhaimin Iskandar sebagai bakal calon wakil presiden Anies Baswedan. Surya mengatakan Muhaimin punya kelebihan untuk mengisi Anies.

Surya mengatakan Muhaimin merupakan organisator ulung yang lama bergerak dalam pergerakan politik. Selain itu, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa itu juga memiliki kepiawaian dan kepandaian yang sama dengan Anies.

"Maka keduanya ini bagaikan botol dan tutup botol," kata Surya di Hotel Majapahit, Surabaya, Sabtu (2/9).

Surya juga mengaku mengandalkan pengalaman dan referensinya akan dunia politik Indonesia. Berdasarkan hal-hal yang dilihatnya, ia merasa Cak Imin merupakan sosok yang cepat sebagai pendamping Anies.

Simak penjelasan lengkap Surya Paloh mengenai alasan memilih Muhaimin jadi cawapres Anies.

2. Beri Selamat Duet Anies-Muhaimin, Puan Buka Peluang PDIP Gaet Demokrat

Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani memberi selamat kepada Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yang baru saja mendeklarasikan diri sebagai pasangan bakal capres dan cawapres untuk Pilpres 2024.

Ia juga berbicara soal kemungkinan kerja sama PDIP dengan Partai Demokrat yang keluar dari koalisi pendukung Anies.

“Saya ucapkan selamat kepada pasangan Mas Anies dan Cak Imin yang sudah mendeklarasikan sebagai calon presiden dan calon wakil presiden,” kata Puan dikutip dari siaran pers, Minggu (3/8).

Terkait manuver Anies bersama Partai NasDem yang seolah meninggalkan Demokrat dengan memutuskan Cak Imin sebagai bakal calon wakil presiden, Puan mengatakan itu merupakan dinamika politik pada kontestasi Pemilu. “Semua partai pasti punya strateginya masing-masing,” ucapnya.

Simak bagaimana peluang PDIP gaet Demokrat.

3. Demokrat Potensi Buat Poros Baru di Pilpres Usai Keluar Koalisi Anies

Partai Demokrat resmi mencabut dukungannya untuk bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan. Keputusan ini sekaligus menandakan Demokrat keluar dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...