Berapa Jumlah Mobil Murah untuk Jabodetabek?

Image title
Oleh
30 September 2013, 00:00
1693.jpg
Arief Kamaludin | KATADATA
KATADATA | Donang Wahyu

KATADATA ? Kebijakan pemerintah mengenai mobil murah dan ramah lingkungan atau dikenal dengan low cost green car telah menimbulkan polemik karena akan menambah kemacetan di Jakarta.

Pemda DKI Jakarta sebelumnya telah menyampaikan keberatan terkait dengan kebijakan LCGC tersebut. Pertimbangannya, kebijakan pemerintah pusat itu bertabrakan dengan upaya pemerintah DKI untuk mengatasi problem kemacetan lalu lintas Jakarta yang sudah sangat parah.

Pertanyaannya, berapa banyak mobil murah yang akan dipasarkan untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya?

Menurut Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Kementerian Perindustrian, Budi Darmadi dalam keterangan pers sebelumnya, mengacu pada data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo), rata-rata 20 persen dari penjualan mobil nasional dijual untuk pasar Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi).

Misalnya pada 2012, jumlah mobil yang terjual sebanyak 1,1 juta unit kendaraan bermotor roda empat. Mengacu pada perkiraan Kementerian Perindustrian, kendaraan roda empat yang dipasarkan untuk Jabodetabek diperkirakan sebanyak 200 ribu unit. Ini mencakup berbagai kategori kendaraan, yakni sedan, multi purpose vehicle (MPV), sport utility vehicle (SUV), bus dan pick up atau truk.  

Halaman:
Reporter: Aria W. Yudhistira
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...