2014, Capex Grup Ciputra Berkurang 25 Persen

Image title
Oleh
26 November 2013, 00:00
ciputra properti
Arief Kamaludin | KATADATA
KATADATA | Bernard Chaniago

KATADATA ? Grup Ciputra akan mengurangi belanja modal (capital expenditure/ capex) pada 2014. Tahun depan, anggaran capex tiga perusahaan Ciputra sebesar Rp 1,5 triliun, atau 25 persen lebih rendah dari anggaran tahun ini Rp 2 triliun.

Ketiga perusahaan tersebut adalah PT Ciputra Development Tbk (CTRA), PT Ciputra Property Tbk (CTRP), dan PT Ciputra Surya Tbk (CTRS). Pengurangan investasi tersebut sejalan dengan kondisi ekonomi dalam negeri yang kurang kondusif serta adanya perlambatan di sektor properti.

?Karena itu ekspansi 2014 tidak akan sebanyak tahun ini. Apalagi, proyek besar seperti Ciputra World Jakarta I telah rampung,? kata Direktur dan Sekretaris Perusahaan Ciputra Development Tulus Santoso seperti dikutip dari Investor Daily (26/11).

Seluruh dana capex 2014 berasal dari internal perseroan. Grup Ciputra mengalokasikan capex untuk mengembangkan 30 proyek baru dan akuisisi lahan. Selain pengembangan residensial, Grup Ciputra tengah menggarap superblok Ciputra World Jakarta (CWJ) 2 di kawasan Satrio, Jakarta Selatan. Namun proyek ini membutuhkan dana lebih kecil dibandingkan CWJ 1.

Kondisi perlambatan ekonomi, memberikan peluang kepada pengembang untuk menambah cadangan lahan. Pada tahun depan, Tulus memperkirakan akan banyak tanah murah yang dilepas pemiliknya.

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...