TPPI Bukan Debitor Bank Mutiara

Penulis:

Editor:

30/12/2013, 00.00 WIB

PT Trans Pacific Petrochemical Indotama TPPI membantah memiliki utang dari Bank Mutiara Wakil Presiden Direktur TPPI Basya G Himawan menyatakan pihaknya tidak memiliki kaitan dengan empat perusahaan yang terlibat kredit macet dengan Ban

2462.jpg
Arief Kamaludin | KATADATA
KATADATA | Agung Samosir

KATADATA ? PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) membantah memiliki utang dari Bank Mutiara. Wakil Presiden Direktur TPPI Basya G Himawan menyatakan pihaknya tidak memiliki kaitan dengan empat perusahaan yang terlibat kredit macet dengan Bank Mutiara.

Keempat perusahaan tersebut adalah PT Catur Karya Manunggal, PT Trio Irama, PT Polymer Spectrum Sentosa, dan PT Selalang Prima International. ?TPPI tidak punya hubungan dengan empat perusahaan yang disebut memiliki kredit macet dengan Bank Mutiara. Mereka mungkin punya kaitan dengan pemilik TPPI sebelumnya,? kata dia di Jakarta Selasa (24/12).

Basya menjelaskan, saat ini mayoritas kepemilikan TPPI dipegang oleh pemerintah, setelah pemilik sebelumnya, Honggo Wendratno tidak mampu menyelesaikan pembayaran utang kepada pemerintah. Pengambilalihan tersebut sudah dilakukan sejak Oktober 2012, dan tuntas pada Mei 2013.

Berdasarkan dokumen yang diperoleh Katadata, keempat perusahaan tersebut memiliki kredit macet senilai Rp 411,5 miliar ke Bank Mutiara. ?Sejak berdiri pada 1995, TPPI belum pernah mendapatkan pinjaman dari bank nasional, termasuk Bank Mutiara yang dulu bernama Century,? kata Basya.

Reporter: Redaksi

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan