LPS Kembali Tawarkan Bank Mutiara

Image title
Oleh
9 Januari 2014, 00:00
3208.jpg
Arief Kamaludin | KATADATA
KATADATA | Agung Samosir

KATADATA ? Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) berencana untuk kembali melakukan penawaran penjualan PT Bank Mutiara Tbk pada kuartal I tahun ini.

Bank Mutiara pada tahun ini pun akan dilepas berdasarkan penawaran terbaik, tidak lagi mengacu pada nilai penyertaan modal sementara (PMS). Sekretaris LPS Samsu Adi Nugroho menuturkan, pihaknya saat ini sedang mendiskusikan waktu yang tepat untuk kembali menawarkan penjualan Bank Mutiara. Penawaran penjualan tersebut akan dilakukan pada kuartal I atau paling lambat pada awal kuartal II.

"Kami akan membuka dulu penawarannya. Jadi nanti calon investor dapat secara resmi menyampaikan minat. Tapi sudah ada beberapa investor yang bertanya," ujar Samsu seperti dilansir dari Investor Daily (9/1).

Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk Budi Gunadi Sadikin menuturkan, pihaknya saat ini telah menyiapkan dana sekitar Rp 10 triliun untuk menggenjot pertumbuhan anorganik, baik melalui akuisisi bank maupun lembaga keuangan non bank. Sedangkan untuk mengakuisisi Bank Mutiara, pihaknya masih melihat harga yang nantinya ditawarkan.

Sementara itu, Direktur Keuangan PT Bank Rakyat indonesia Tbk Achmad Baequni menuturkan, pihaknya berencana untuk melakukan akuisisi pada bank dan lembaga keuangan nonbank. BRI sendiri menurut dia, belum tentu tertarik untuk mengambil alih Bank Mutiara sebelumnya, karena harganya yang dinilai terlalu tinggi. "Yang penting harganya terjangkau. Kalau tidak terjangkau, tidak mungkin masuk dalam kriteria kami untuk akuisisi," ujar Achmad.

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...