Pertumbuhan Konsumsi Smartphone Mendongkrak Perdagangan Online

Safrezi Fitra
20 Februari 2015, 15:55
Katadata
KATADATA

KATADATA ? Konsumsi ponsel pintar (smartphone) dan akses internet di Indonesia dan negara emerging market lainnya mengalami peningkatan paling signifikan dibandingkan sektor tersier lainnya pada tahun lalu. Tahun ini pun konsumsinya diperkirakan meningkat paling besar.

Berdasarkan survei perusahaan keuangan global Credit Suisse masyarakat Indonesia lebih menginginkan membeli smartphone dan mengakses internet ketimbang properti, kendaraan, dan perjalanan. Survei ini dilakukan terhadap 1.600 orang di 10 kota di Indonesia.

"Stand up yang sama dengan negara emerging lain, itu smartphone dan akses internet. Itu habit yang sama," ujar Director Equity Research Credit Suisse Ella Nusantoro, di kantornya, Jakarta, Jumat (20/2).

Di Indonesia, kepemilikan smartphone pada 2014 mencapai 40 persen, naik hampir dua kali dari tahun sebelumnya yang hanya 24 persen. Penggunaan internetnya pun naik menjadi 38 persen, dari 28 persen di 2013. Dari sisi merek, Samsung mengalami peningkatan yang paling signifikan dari hanya 2 persen pada 2010 menjadi 46 persen di tahun lalu.

Menurut Ella, peningkatan ini didukung oleh pendapatan masyarakat sudah meningkat tiga kali lipat dibandingkan 2010, yakni menjadi US$ 3.000 per kapita. Ketika kebutuhan dasar telah terpenuhi, smartphone menjadi pilihan produk yang paling diinginkan.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...