Huawei Rakit Ponsel di Indonesia

Image title
Oleh
16 Maret 2015, 10:10
Katadata
KATADATA
Perakitan ponsel IMO di PT INTI

KATADATA ? Perusahaan telepon seluler (ponsel) asal China, Huawei, menggandeng PT Panggung ELektronik untuk merekit ponsel di Indonesia. Kerja sama ini dilakukan agar Huawei bisa memenuhi kewajibannya merakit ponsel di dalam negeri.

Panggung Elektronik memiliki fasilitas perakitan ponsel di Surabaya, Jawa Timur, dengan kemampuan produksi sebanyak 50.000 unit ponsel per bulan. Perusahaan ini sebelumnya sudah memproduksi perangkat elektronik seperti televisi, mesin cuci, meteran listrik, dan set top box.

?Ponsel Huawei yang dirakit di sana itu untuk ponsel 3G ke bawah dan feature phone,? ujar Direktur Industri ELektronika dan Telematika Kementerian Perindustrian Ignatius Warsito, seperti dikutip harian Kontan, Senin (16/3).

Jika satu ponsel yang diproduksi bernilai Rp 1 juta, maka nilai produksi ponsel Huawei yang dirakit di Indonesia bisa mencapai Rp 50 miliar per bulan, atau sekitar Rp 600 miliar per tahun.

Warsito belum bisa menyebut berap investasi yang akan dikeluarkan Huawei. Dia hanya mengetahui investasi yang dikeluarkan Panggung ELektronik untuk membeli mesin dari Jepang senilai Rp 10 miliar.

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...