Kementerian PUPR Berharap Proyek Hambalang Dilanjutkan Awal 2017

Ameidyo Daud Nasution
5 September 2016, 19:08
Kementerian PUPR AK
Arief Kamaludin|KATADATA

Pemerintah terus berupaya melanjutkan proyek Pusat Pendidikan dan Pelatihan dan Sarana Olahraga Nasional (P3SON) di Hambalang, Bogor, Jawa Barat. Saat ini, Kementerian infrastruktur tersebut sedang menyelesaikan pengkajian proyek tersebut secara detail.

Proyek Wisma Atlet Hambalang ini telah mangkrak pembangunannya sejak 2011. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Arie Setiadi Moerwanto mengatakan pihaknya berharap proyek ini bisa segera dilanjutkan. 

"Kami harap 2017 awal segera dilanjutkan kembali," kata Ari dalam keterangan resmi Kementerian PU, Senin (5/9). Targetnya proyek ini akan rampung pengerjaannya pada 2018 mendatang. 

Pada tahap awal, kementerian akan fokus pada konstruksi delapan unit bangunan terlebih dahulu. Hal ini sesuai arahan Wakil Presiden Jusuf Kalla, saat mengunjungi proyek tersebut akhir pekan lalu. Sementara Tim Audit Teknis mengajukan 14 unit dari 22 unit bangunan yang dibangun.

Delapan bangunan tersebut antara lain akses jalan, gedung olahraga serbaguna, asrama putra dan putri, asrama yunior putra dan putri, masjid, gedung Sekolah Menengah Atas (SMA), gedung Sekolah Menengah Pertama (SMP), serta gedung powerhouse (pembangkit listrik).

Total anggaran untuk pembangunan 22 unit gedung ini mencapai Rp 800 miliar. Untuk membangun delapan unit bangunan, pemerintah harus mengeluarkan anggaran sebesar Rp 550 miliar. Sementara untuk membangun 14 bangunan yang diusulkan tim audit, anggaran yang dibutuhkan mencapai Rp 650 miliar.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...