Airnav Siap "Rebut" Ruang Udara Natuna dari Malaysia dan Singapura

Image title
10 Maret 2017, 16:04
Jokowi Natuna
Biro Pers Setpres

Perum Lembaga Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI/Airnav Indonesia) menyatakan siap mengambil alih ruang udara sektor ABC di atas Kepulauan Natuna pada 2019. Saat ini pengelolaan ruang udara sektor tersebut masih dikontrol oleh otoritas navigasi penerbangan Singapura dan Malaysia.

Direktur Utama Airnav Indonesia Novie Riyanto mengatakan pihaknya sedang mempersiapkan prosedur standar operasi (SOP), peralatan dan sumber daya manusia (SDM) untuk pengelolaan navigasi ruang udara sektor ABC. Bahkan, dia mengaku siap jika pengambilalihan ruang udara tersebut dipercepat tahun ini.

“Memang ditargetkan 2019. Tapi tahun 2017 ini akan bisa kami lakukan persiapan dan selesai. Kalau mau di-speedup pun kami siap,” ujarnya di Jakarta, Jumat (10/3).

Airnav mengaku sudah menganggarkan pemasangan peralatan, termasuk membuat konsep operasional layanan navigasi untuk sektor ABC. Namun, Airnav masih harus terus berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sebagai regulator. (Baca: Usai Dikunjungi Jokowi, Pemerintah Kembangkan Transportasi Natuna)

Terkait dengan proses pengambilalihan ruang udara ini, Kemenhub menjalin komunikasi intensif dengan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) dan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) sebagai negosiator. Ketiga kementerian ini akan membentuk Kelompok Kerja (Pokja) koordinasi pengambilalihan Sektor ABC.

Menurut Novie, potensi ekonomi yang bisa dikeruk dari pengelolaan navigasi sektor ABC cukup besar, karena berada di atas perairan Natuna, yang termasuk ruang udara padat. Perhitungan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) pada 2011-2012 saja penerimaan dari sektor A mencapai Rp 100 miliar. Dua sektor lainnya diperkirakan mencapai Rp 200 miliar.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...